PALAS - Kapolres Padanglawas (Palas) AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.MSi pimpin apel gelar pasukan pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Palas tahun 2022 di lapangan MAN 2 Binanga,Kecamatan Barumun Tengah, Selasa (13/12/2022). Peserta upacara apel pengamanan Pilkades serentak, satu kompi TNI dari Kodim0212/TS,BKO Brimob Polda Sumut,95 personel,BKO Polda Sumut dari Dit Samapta,Dit Intelkam, Dit Reskrimum, Irwasda,Propam Bid Tik Polda Sumut,122 personel.
 
Ditambah BKO dari Polres Labuhan Batu, 75 personel, Polres Tapteng, 47 personel, Polres Taput, 50 personel, Polres Sibolga, 30 personel dan Polres Padanglawas, 146 personel.
 
"Personel yang di tugaskan untuk pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Palas berjumlah 565 personel dari BKO Polda Sumut dan BKO Polres terdekat ditambah 1Kompi TNI Kodim 0212/TS," kata Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan.
 
Kapolres dalam amanatnya menjelaskan, selama proses tahapan Pilkades,diprediksikan akan muncul dan berkembang berbagai issue negatif yang bersifat provokatif termasuk gangguan keamanan terhadap logistik pilkades.
 
AKBP Indra Yanitra Irawan menekankan beberapa hal kepada seluruh personel pengamanan Pilkades sertak,pahami,
kuasai dan kerjakan dengan sungguh - sungguh sesuai prosedur apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab dalam pengamanan pilkades serentak di Kabupaten Palas.
 
Setiap personel, lanjut Kapolres harus melaksankan tugas pengamanan TPS beradaptasi, kenali lingkungan lokasi pengamanan, galang dan bina seluruh potensi masyarakat agar mau memberikan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan gangguan kamtibmas dan turut aktif berpartisipasi menciptakan situasi
kamtibmas yang kondusif.
 
"Siapkan fisik dan mental yang prima serta jaga kekompakan antar sesama unsur pengamanan termasuk dengan penyelanggara Pilkades," pesan Kapolres.
 
Selain itu, sambung Kapolres bertindak 
jujur, adil dan netral dalam bertugas,bekerja keras dalam melaksanakan tugas, jangan lupa untuk keamanan Palas.
 
"Mari kita berdoa bersama untuk pelalksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Palas berjalan kondusif,aman dan nyaman," pinta Kapolres.
 
Usai penyematan tanda operasi pengamanan Pilkades serentak oleh Kapolres Palas, Plt Bupati Palas,drg.H.Ahmad Zarnawi  Pasaribu.CHt.MM.MSi.MH  mengajak semua kalangan berpartisipasi mensukseskan pilkades yang berkualitas dan kondusif disetiap desa yang melaksanakan pesta demokrasi.
 
"Mari kita ciptakan Pilkades yang bermartabat dan berkualitas dengan pelaksanaan yang jurdil sehingga memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah," kata Plt Bupati.
 
Ia juga mengajak,warga disetiap desa yang melaksanakan Pilkades dapat menyalurka  hak suara sesuai hagi nurani tanpa ada unsur paksa atau lainnya yang dapat menimbulkan kesan tidak baik dan bertentangan dengan peraturan hukum.
 
"Pesta demokrasi tingkat desa ini salah satu bagian dari hak demokrasi warga untuk memilih pemimpin desa yang memiliki dedikasi baik dan mampu membela kepentingan warga dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan desa yang lebih baik," pungkasnya.
 
Hadir dikegiatan apel upacara Serpas pengamanan Pilkades, Ketua DPRD Palas, Amran Pikal Siregar.S.Sos.I, Dandim 0212/TS diwakili Perwira Penghubung, Kapten Arh.Saleh Hasibuan,Wadanyon Kompi C Brimob Polda Sumut, AKP M.D Rambe,PJU Polres Palas, Plt Kadis PMD,M.Faisal Amrin Siregar.SAP.MM, Kasat Satpol PP Palas, Agus Saleh Saputra Daulay.SH, Kadis Perhubungan, Rony Syaiful dan Camat se Kabupaten Palas.