PALAS -Camat dan Kepala Desa di Kabupaten Padanglawas (Palas) mengikuti workshop evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan desa.
 
Kegiatan workshop yang di gelar Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan(BPKP) diikuti 133 peserta Kepala Desa dan 17 camat jajaran pemerintah Kabupaten Palas,di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Senin (12/12/2022).

Plt Bupati Padanglawas, H Ahmad Zarnawi Pasaribu secara resmi membuka kegiatan workshop mengatakan, tujuan wirkshop evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan desa ini untuk meningkatkan pengetahuan camat dan kepala desa.

Dikatakan, khusus terkait pengelolaan keuangan dana desa bagi setiap desa untuk mengetahui tentang pengunaan, mekanisme dan evaluasi penyaluran dana desa serta laporan pertanggungjawaban pengunaan dana desa.

Ia juga mengingatkan, agar camat dan kepala desa mengikuti semua rangkaian kegiatan workshop ini dengan baik untuk dapat di implementasikan sebagai evaluasi dalam pengelolaan keuangan yang bersumber dari dana desa.

"Workshop ini sangat penting dalam menambah wawasan dan pengetahuan bagi camat dan kepala desa agar nantinya dapat paham tentang mekanisme laporan dan lainnya," kata Plt Bupati.

Diharapkan,semua kepala desa agar memahami percepatan pembangunan yang ada didesa, jangan sampai dana desa tersebut tidak bisa digunakan oleh para kepala desa dan perangkat desa.

Oleh karena itu, lanjutnya, kepala desa harus memahami pentingnya pengelolaan dana desa, sehingga tidak ada lagi penyerapan dana desa dibawah 90 persen pada setiap akhir tahun.

“Setiap desa sudah merencanakan kegiatan melalui musyawarah desa untuk prioritas kegiatan yang dilakukan dan diprogramkan harus terpadu serta terkoneksi dengan kegiatan masyarakat sehingga tepat sasaran,” tegas Plt Bupati.

Sementara itu,Kepala BPKP Perwakilan Sumut Kwinhatmaka SE MM melalui Kepala Inspektorat Kabupaten Palas, Inspektur Harjusli Fahri Siregar SSTP MSi menjelaskan, selain pengelolaan keuangan dan pembangunan,pihak BPKP juga membantu terkait pengelolaan aset dan bumdes.

"Tujuan workshop yang digelar BPKP Perwakilan Sumut agar tidak ada hambatan terkait dana transfer dari pusat, sehingga pihak pemerintah desa bisa memaksimalkan upaya untuk meningkatkan PAD termasuk yang bersunber dari bumdes," katanya.

Kata Harjusli, pihaknya sudah berkomitmen siap membantu pemerintahan desa melalui berbagai bimtek dan juga menyiapkan aplikasi guna untuk memudahkan kepala desa dab perangkat desa untuk pengelolaan keuangan desa.

Kegiatan workshop evaluasi pengelolaan keuangan dan pembangunan desa tersebut yang digelar BPKP Sumut menghadirkan narasumber,anggota DPR RI Komisi XI H.Gus Irawan Pasaribu SE.Ak, Kepala Sub Diktorat Fasilitas Pengelola Keuangan Desa dari Direktorat Keuangan dan Aset Desa Kementerian Dalam Negeri, Ihram.SH.MH dan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Sumut, Kwinhatmaka.SE. MM.

Kepala Seksi Pembinaan Pelaksana Anggaran Kanwil Pemberdaharaan Provinsi Sumut, Erwin Andy Osland Situmorang, Kepala Seksi Kehumasan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Hafizh Arino.

Hadir dikegiatan workshop tersebut, Sekda Arpan Nasution, Plt Kadis PMD Palas, M.Faisal Amrin Siregar, Sekretaris Inspektorat Palas, Tri Hendra Apria Dinata, Kaban Bappeda, Tri Anta dan sejumlah Pimpinan OPD jajaran Pemkab Palas.