PALAS -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padanglawas (Palas) melaksanakan seleksi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 untuk mengikuti tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT).
 

Sebanyak 467 calon PKK dari 17 kecamatan se Kabupaten Palas mengikuti tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan selama dua hari mulai 6-7 Desember 2022 yang dibagi lima sesi kegiatan.

Ketua KPU Palas, Indra Syahbana Nasution SH di dampingi Komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas, Indra Alamsyah menjelaskan, jumlah peserta yang mengikuti tes tertulis berbasis CAT sebanyak 467 orang.

Untuk hari pertama diikuti sebanyak 200 orang dibagi dua sesi dan hari kedua 267 orang dibagi tiga sesi kegiatan seleksi CAT.

"Untuk seleksi CAT bagi calon PPK KPU Palas dibagi lima sesi secara keseluruhan untuk 17 kecamatan se Kabupaten Palas," terang Indra Syahbana usai memberikan arahan kepada peserta calon PPK sebelum memasuki ruang kegiatan ujian tes tertulis, Rabu (7/12/2022).

Lanjut Indra Syahbana, KPU Palas akan merekrut 85 peserta terbaik sesuai hasil seleksi yang nantinya akan bertugas sebagai PPK di 17 kecamatan se-Kabupaten Palas.

“Setiap Kecamatan terdiri 5 anggota PPK,” ujarnya.

Menurut Indra Syahbana Nasution, CAT merupakan seleksi dengan sistem yang terukur dan transparan sehingga akan menghasilkan penyelenggara atau PPK yang profesional dan kompeten dalam mengawal Pemilu 2024.

Terkait persoalan selama pelaksanaan seleksi, Ketua KPU mengatakan, pada sesi pertama kendala yang dihadapi masalah gangguan pada sistem jaringan internet. Membuat waktu seleksi tertunda selama setengah jam.

“Namun masalah ini dapat diselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Peserta yang dinyatakan lulus nantinya, akan dilantik sebagai PPK Badan Ad Hoc KPU Palas sebagai penyelenggara Pemilu serentak Tahun 2024.