PALAS -Gedung Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Pondok Pesantren Ruhul Islam Sialambue, Kecamatan Barumun diresmikan menjadi tempat komunitas generasi usia kerja latihan keterampilan.
 
Plt Bupati Palas, drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, MSi diwakili Kadis Naker, Ratna Dewi Harahap SH meresmikan pemakaian gedung BLKK dilingkungan Pondok Pesantren tersebut, Senin (5/12/2022).

Selain peresmian gedung sekaligus pembukaan pelatihan berbasis kompetensi pembuatan busana tailoring BLKK yang diikuti 16 orang komunitas usia kerja.

Pimpinan Ponpes Ruhul Islam, Misbah Fuadi Hasibuan, S.Pd.I yang juga sebagai pembina BLKK mengatakan, peserta pelatihan berasal dari Kecamatan Barumun, Ulu Barumun dan Kecamatan Lubuk Barumun.

Kegiatan pelatihan berlangsung mulai 5-31 Desember 2022 setiap hari kerja dengan total waktu pelatihan 240 jam.

"Setelah berhasil menyelesaikan pelatihan akan diberikan sertifikat oleh pihak BLKK Ponpes Ruhul Islam," katanya.

Sementara Ketua BSPPL H Faujan Hamidi Hasibuan, S.Ag, S.Th.I menyampaikan, di Padanglawas terdapat 38 Ponpes yang terdaftar sebagai anggota BSPPL sebanyak 15 Pondok Pesantren.

Karena itu dia berterimakasih atas perhatian Pemkab Palas yang terus memberi motivasi mendukung peningkatan kwalitas pondok pesantren.

Bahkan juga sudah mengajukan Ranperda tentang dukungan fasilitas pondok pesantren ke DPRD Padanglawas, mudah-mudahan mendapat persetujuan dan dukungan dari pemerintah Padanglawas, harap Faujan.

"BSPPL juga sudah menjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Perikanan dan ke depan berharap bisa bekerjamasama dengan Disnaker Palas," katanya.

Turut hadir dikegiatan tersebut, Kakan Kemenag Palas, H Abdul Manan.MA, didampingi Kasi Pakis Sahut Martua Lubis, S.Ag, Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin, SE, Ketua Badan Silaturrahim Pondok Pesantren Kabupaten Padanglawas (BSPPL), H. Faujan Hamidi Hasibuan S.Ag, S.ThI dan Kepala Desa Sialambue,Habibi Hasibuan.