MADINA - Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) memberikan bantuan ke 30 kelompok tani di Lima kecamatan wilayah Pantai Barat. Bantuan tersebut berupa bibit kedelai sebanyak 46.850 kilogram dan pupuk cair 2.000 liter. Selain itu ada juga bantuan pupuk yang disalurkan sebanyak 14 ton.

Penyaluran bantuan itu diserahkan langsung Kepala Dinas Pertanian Madina, Siar Nasution bersama pejabat lainnya secara simbolis di Desa Suka Ramai Kecamatan Panyabungan Utara.

Kepala Dinas Pertanian Madina Siar Nasution mengatakan bantuan ini merupakan sinergitas antara Kementerian Pertanian bersama pemerintah daerah Madina untuk kesejahteraan masyarakat di sektor pertanian.

Ada pun Lima kecamatan yang diberikan bantuan bibit kedelai dan sejumlah bantuan lainnya yakni Kecamatan Natal, Batahan, Sinunukan, Muara Batang Gadis dan Rantobaek.

"Bantuan bibit kedelai itu ada sekitar 47 ton keada 30 kelompok tani di lima kecamatan wilayah pantai barat. Dan ini salah satu upaya kita untuk kesejahteraan kepada masyarakat petani," kata Siar, Senin (5/12/2022).

Siar mengatakan penyaluran itu dilaksanaksn pihaknya baru dua hari yang lewat. Dan ia menyampaikan pemeberian bantuan bibit kedelai itu sebagai penopang tanaman sementara bagi masyarakat petani di daerah itu.

"Warga yang disanakan (wilayah pantai barat-red) notabenenya sebagai penghasil sawi jadi kondisi disana sawit mereka sekarang masih tahap masa peremajaan jadi tentunya hasil panen mereka berkurang. Untuk itu kita dari pemerintah hadir sebagi meringankan beban mereka, terus kita perjuangkan bantuan bibit kedalai ini yang jelas tentunya sebagai sumber pendapatan mereka bagi masyarakat petani," ungkapnya.

Untuk itu, di berharap kepada seluruh kelompok tani penerima bantuan tersebut agar dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga nantinya panen raya kacang kedelai dapat dilakukan secara serentak. Dan, meminta kepada kelompok tani agar bantuan bibit ini jangan diperjual belikan.

"Jadi kedelai ini merupakan tanaman tumpang tindih dengan sawit yang baru ditanam, selain itu saat ibi kita juga telah memperjuangkan ke pusat untuk tanaman tumpang sari jagung. Saya harap ini dijaga dengan baik tanpa diperjualbelikan," imbuhnya.