MADINA - Bupati Mandailing Natal (Madina) Muhammad Jafar Sukhairi Nasution menyerahkan bantuan bibit dan pupuk ke ratusan kelompok tani (Koptan). Bupati berharap agar bantuan yang diterima kelompok tani tersebut dapat bermanfaat. Penyerahan bantuan bibit itu dilaksanakan Bupati Madina secara simbolis kepada Koptan Karya Bersama dan Koptan Harapan Maju di Desa Manyabar Jae, Kecamatan Panyabungan, Kamis (1/12/2022).

Bantuan itu merupakan program pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian Madina yang dianggarkan pada perobahan anggaran pendapatan belanja daerah tahun 2022 (P-APBD).

Sementara bantuan bibit dan pupuk bagi petani adalah upaya pemerintah untuk memantapkan dan meningkatkan ketahanan pangan khusuunya di Kabupaten Madina.

Bupati Madina menyampaikan bantuan bibit tanaman pertanian tersebut sebagai bentuk kepedulian pemda kepada para petani di Madina.

"Saya mengapresiasi program ini, semoga bermanfaat bagi masyarakat," imbuh Bupati Madina Jafar Sukhairi.

Bupati Madina berharap program bantuan bibit dan pupuk itu bukan hanya bermanfaat bagi ketahanan pangan saja, akan tetapi kedepannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

Disisi lain Bupati juga ungkapkan kondisi pertanian di Madina yang sudah terintegrasi antara kolam berbarengan dengan ternak milik petani.

"Dan kemudian dengan adanya program pemerintah ini, sehingga laju inflasi bisa ditekan dan ketahanan pangan di Madina dapat tercipta," ucap Sukhairi.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Madina Siar Nasution menyampaikan, bantuan tersebut bersumber dari anggaran  P-APBD tahun 2022.

Adapun jenis bantuan yang akan diterima ratusan kelompok tani itu adalah bibit padi sawah sebanyak 52 ton untuk 152 koptan di kabupaten Madina.

Kemudian, bibit jagung sebanyak 8 ton untuk 42 kelompok tani, bibit cabai untuk 35 hektar dan bibit bawang merah untuk 2 hektar serta pupuk dan mulsa.

Sebelumnya juga pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian Madina menyerahkan bantuan bibit jahe putih kepada para petani yang tergabung kelompok tani Mawar di Desa Hutanamale Kecamatan Puncak Sorik Marapi pada Rabu kemaren.

Bantuan bibit jahe putih itu pun diserahkan langsung Bupati Madina sebanyak 6 ton. Selain itu ada juga bantuan pupuk organik yang diserahkan sebanyak 24 ton.