TAPSEL -Sebagai bentuk komitmen dan kontribusi perusahaan untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan, Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Tapanuli Selatan (Tapsel) menyerahkan dukungan Ternak Bebek sebanyak 435 Ekor dan Pelatihan Budidaya Ternak serta Pelatihan Maggot dan Serah Terima Maggot kepada masyarakat di Desa Sanggapati, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan. Senin, (28/11/2022)
 
Sebanyak 25 orang masyarakat Desa Sanggapati, Kecamatan Angkola Timur sangat antusias menerima dukungan ini terkhusus Pelatihan Budidaya Ternak dan Maggot. Maggot atau disebut juga Black Soldier Fly (BSF) dapat digunakan sebagai pakan alternatif ternak.

Sesi pertama pelatihan ini di sampaikan oleh Drh. Nometta Sembiring sebagai narasumber, beliau memberikan pemaparan tentang budidaya ternak bebek mulai dari jenisnya, pemeliharan dan penanganan yang dilakukan, sehingga dapat memberikan sumber penghasilan bagi masyarakat Desa Sanggapati.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Kurniara Simanjuntak, memaparkan tentang pengelolaan Maggot BSF sebagai inovasi yang menggembirakan dan menguntungkan bagi para peternak, petani, dan masyarakat secara luas. Maggot BSF bisa dimanfaatkan sebagai pakan ikan dan ternak unggas lainnya. Penggunaan maggot sebagai pakan ternak bisa mempercepat kenaikan bobot ternak, karena mengandung protein tinggi dan membuat ikan cepat besar dan ternak unggas sehat.

Di sisi lain, Maggot BSF ini juga bisa membantu permasalahan sampah organik seperti sampah buah-buahan yang sudah membusuk,sayuran-sayuran dan sisa-sisa makanan bahkan kotoran ternak lainnya.

Ramida Siringo-ringo, Community Development (CD) Strategy & Certification Manager menyampaikan, peningkatan ekonomi masyarakat itu harus dapat diwujudkan, terutama melalui peningkatan produktivitas di sektor agro, salah satunya di bidang peternakan.

Hal ini sangat berkaitan dengan rancangan perbaikan teknik budidaya di suatu daerah yang harus didasarkan pada faktor keadaan sosial, budaya dan ekonomi setempat. Tujuannya adalah agar produktivitasnya dapat menjamin pendapatan peternak yang cukup tinggi untuk mendukung kehidupan ekonomi yang layak.

“Semoga budidaya peternakan bebek dan pelatihan maggot ini bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat di Desa Sanggapati, untuk menaikkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” sebut Ramida.

Kepala Desa Sanggapati, Sulaiman Sinaga, mengapresiasi komitmen TPL Sektor Tapsel yang mendukung sektor peternakan bisa menjadi ciri khas Desa Sanggapati. Sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di desa.

“Dukungan ini merupakan hal yang sangat luar biasa buat kami bagi Desa Sanggapati. Kami berharap ke depannya peternakan bebek dan maggot ini bisa membangkitkan ekonomi di tengah-tengah masyarakat dan memberikan manfaat yang maksimal,” ujar Sulaiman.

Perusahaan juga berharap, kerjasama ini akan tetap berlanjut dengan baik kedepannya, dimana masyarakat tetap melanjutkan perawatan dan pemeliharaan agar dapat berdampak lebih luas pada masyarakat sekitar.