SIBOLGA - Dalam upaya meningkatkan kemampuan individu bersama wartawan mitra Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, gelar capacity Building, di Hotel DoubleTree by Hilton Jakarta, Jumat (25/11) Tujuan diadakanya kegiatan ini, untuk mengatasi maraknya noise/berita hoaks, di tengah-tengah masyarakat dengan kehadiran sosial media yang dapat lebih mudah menyebarluaskan informasi, yang diikuti 13 jurnalis BI Sibolga dari 24 November sampai dengan 26 November 2022
 
Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Yuliansah Andrias menyampaikan, media merupakan salah satu komponen penting sebagai perpanjangn tangan dari penyampaian kebijakan Bank Indonesia, yang perlu disampaikan kepada masyarakat umum, termasuk stakeholder di daerah. 
 
"Terus berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman wartawan secara rutin, terutama terhadap pentingnya bank central dalam kebijakan moneter, pembayaran dan stabilitas sistem keuangan serta desiminasi kebijakan baik di pusat maupun di daera," ujar Yuliansah Andrias.
 
Lanjutnya, kehadiran media turut berkonstribusi dalam memperkuat pilar kebijakan Bank Indonesia yakni, penetapan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga sistem pembayaran serta menjaga stabilitas keuangan
 
"Dengan adanya kegiatan capacity building ini saya berharap dapat menjadi wadah refreshman jurnalis Kpw Sibolga untuk mengingat kembali tugas dan tujuan Bank Indonesia serta peran media dalam transmisi  kebijakan Bank Indonesia," ucapnya.
 
Ia juga mengatakan, tantangan terbesar saat ini perkembangan arus media informasi dewasa ini adalah hoaks. terutama setelah hadirnya berbagai platform media sosial. Dengan demikian, diperlukan kehadiran media yang kredibel yang dapat menjadi sumber informasi terpercaya.
 
"Tentunya kami berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas kita bersama dalam  memahami data perekonomian serta menerjemahkannya dalam bentuk berita yang mudah dipahami oleh masyarakat luas," katanya.