MADINA - Empat pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Mandailing Natal (Madina) dinyatakan lolos seleksi administrasi. Mereka segera akan menjalani fit and proper test. Sebelumnya ada lima nama yang mendaftar sebagai calon sekda Kabupaten Madina. Namun setelah diseleksi panitia, hanya empat calon yang lulus administrasi.

Empat kandidat calon sekda ini, Alamulhaq Daulay yang saat ini menjabat Plt Sekda Madina. Kemudian Parlin Lubis (Kadis Perdagangan), Daud Batubara (Staf Ahli Pemerintahan dan Hukum) dan Ahmad Faisal (Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu).

Sementara satu calon yang tidak lolos seleksi administrasi tersebut adalah Mukhtar Afandi (Kadis Koperasi dan UMKM). 

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Madina Abdul Hamid Nasution mengatakan, hasil penjaringan tahap pertama ini empat nama yang telah memenuhi syarat tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 15 Tahun 2019, tentang pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah dan mereka pun berhak menjadi calon Sekda.

"Dari hasil seleksi administrasi ada empat  pendaftar yang lolos, kecuali ada satu calon yang gugur karena tidak melampirkan berkas yang terbaru dan tidak menyampaikan laporan LHKPN," kata Hamid diruang kerjanya, Rabu (23/11/2022).

Keempat calon sekda yang lolos tersebut selanjutnya bakal mengikuti test kompetensi dan assesmen yang dimulai pada 24 November mendatang yang di langsungkan BKD Provinsi Sumatera Utara.

"Alhamdulillah tahap seleksi administrasi sudah terselesaikan dengan baik dan jumlah peserta yang lolos seleksi juga melebihi jumlah minimal. Dengan demikian, tahapan berikutnya dapat dilaksanakan," imbuh Hamid.