PALAS - Dinas Kesehatan Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar workshop pembinaan penguatan pokjanal posyandu lokus stunting,di Aula Hotel Grandika Sibuhuan, Senin (21/11/2022). Kegiatan workshop tersebut dalam rangka  penguatan peningkatan pelayanan kesehatan sebagai kebutuhan dasar masyarakat. Menghadirkan narasumber Dinas PMD Palas dan Dinas Kesehatan.
 
Plt Kadis Kesehatan Palas,Amelia Roitona.SKM mengatakan,  pemerintah bertanggung jawab dan mendorong peran aktif masyarakat dalam segala bentuk.Salah satunya posyandu sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat desa.
 
"Posyandu memberikan kemudaha dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, sosial dan untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu, bayi dan balita serta penurunan angka stunting,” kata Amelia sekaligus membuka kegiatan workshop penguatan pokjanal posyandu.
 
Menurut Amelia, keberhasilan pelaksanaan posyandu membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, baik dukungan moril, materil maupun finansial dan kerjasama tentang pengelolanya termasuk di dalamnya kader posyandu.
 
‘Jika kegiatan posyandu terselenggara dengan baik, maka  memberikan konstribusi yang besar dalam penurunan angka kematian ibu dan anak yang menurunkan angka stunting,” katanya.
 
Ia berharap, kegiatan bisa meningkatkan motivasi dan semangat kerja pengurus dan para kader.
 
“Melalui kegiatan workshop ini bisa  membantu pemecahan masalah dalam menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas posyandu,” tambahnya.
 
Hadir dikegiatan tersebut, Plt.Ketua TP. PKK Palas, Hj. Emma Nurul Ahmad Zarnawi,Plt Kadis PMD Palas, Mhd Faisal Amrin Siregar SAP MM, Kabid Pembangunan Masyarakat Nirwan Gunawan Harahap, Kabid Kominfo Nurhamida Lubis, Dinas Sosial,Jamilah Pohan, Kabid PLS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Palas, Husein Hasibuan, Perwakilan Kemenag Palas, Husein Nasution S.PdI.