TAPSEL - Akibat curah hujan yang begitu tinggi, Sungai Batang Salai di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), pada Jumat (18/11/2022) sore, meluap. Luapan air Sungai, nyaris menggenangi pemukiman warga di dua Dusun. Dua tersebut yaitu, Janji Matogu dan Laba Lasiak yang ada di Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapsel. Mendengar peristiwa itu, Bhabinkamtibmas Polsek Batang Angkola, Aipda Dedi Zulkarnaen, terjun ke lokasi.
 
Bersama Lurah Pardomuan, Martua Siregar, keduanya meninjau titik genangan air di dua kawasan tersebut. Keduanya, lantas membantu warga mengevakuasi barang-barang berharga agar tidak terendam banjir.
 
“Sebagai antisipasi, manakala air meluap ke rumah, kami membantu warga mengevakuasi barang-barangnya ke tempat yang lebih aman,” kata Dedi.
 
Dedi mengaku, pihaknya bersama pemerintah, akan segera berupaya mendirikan Posko Penanganan Banjir. Dia mengatakan, tidak ada rumah warga yang terendam banjir.
 
“Namun begitu, kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap hati-hati, manakala luapan air seketika meluap sampai ke rumah,” himbaunya.
 
Ia juga menghimbau masyarakat, agar melapor ke pihaknya atau pemerintah setempat, apabila debit air makin meningkat atau terjadi hal-hal lain akibat luapan Sungai.
 
Pihaknya juga menyarankan supaya masyarakat lebih baik mengungsi sementara ke rumah sanak saudara atau keluarga. Gunanya, untuk menunggu luapan air Sungai kembali surut.
 
“Mudah-mudahan, luapan air segera surut sehingga, warga bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala,” pungkasnya.