PALAS - Pemerintah Kabupaten Padanglawas(Palas) melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggelar workshop teknis aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah Next Generation (SIMDA-NG) Tahun 2022,di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemahaman tentang pengelolaan manajemen keuangan berbasis aktual dan transparansi.
 
Plt Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi  melalui Asisten III Administrasi Umum, Drs.H.Amir Soleh didampingi Plt Kepala BPKAD Fajaruddin SE MM mengatakan, manajemen keuangan berbasis aktual merupakan salah satu ciri dari praktik manajemen keuangan modern.
 
"Melalui aplikasi SIMDA-NG memberikan informasi yang lebih transparan mengenai segala pembiayaan.Sehingga Pemda dituntut untuk mengelola pemerintahan dengan baik," terang Amir Soleh Nasution, Sabtu (19/11/2022).
 
Melalui workshop SIMDA-NG ini, lanjutnya diharapkan penataan manajemen keuangan, penggunaan anggarannya harus dilaksanakan secara sehat, efisien, efektif, transparan, akuntabel dan auditabel yang ditunjang dengan fungsi pengawasan yang baik.
 
Kata Amir Soleh, ada beberapa strategi yang harus dilakukan guna mencapai pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel, diantaranya melakukan perencanaan dan pengendalian atas penyelenggaraan pemerintahan.
 
"Seluruh OPD  diharapkan dapat memahami proses pengelolaan APBD yang terintegrasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku," imbuhnya.
 
Menurutnya,aplikasi SIMDA-NG ini hanyalah sebagai alat bantu, tentunya kedisplinan penguna aplikasi yang paling penting.
 
Ia menyarankan, kepada peserta untuk bertanya kepada narasumber apa saja yang  belum diketahui,sehingga nantinya apa yang didapat dari kegiatan workshop bisa  diaplikasikan dengan baik dan benar di tempat kerja masing-masing,” tutupnya.
 
Kegiatan Workshop teknis aplikasi SIMDA-NG tersebut menghadirkan narasumber dari Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumut, Riyadi bersama rekannya
 
Peserta yang mengikuti workshop teknis aplikasi SIMDA-NG,seluruh bendahara organisasi perangkat daerah (OPD) jajaran Pemkab Palas.