TOBA - PT Inalum (Persero) melaksanakan sosialisasi kesehatan mata sekaligus memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis serta membagikan kacamata gratis bagi siswa di 9 sekolah sekitaran kawasan perusahaan, Jumat, (18/11/2022). Vice President CSR/TJSL PT Inalum (Persero), Zainudin Iqbal Sidabutar Silalahi menyebutkan kegiatan yang digelar dalam rangka menyambut HUT PT Inalum (Persero) ke-47, diawali dengan sosialisasi kesehatan mata dilanjutkan dengan pemeriksaan mata, operasi mata katarak dan pemberian kacamata sesuai dengan kebutuhan masing masing yang diresepkan dokter pemeriksa. 
 
"Diera teknologi yang semakin canggih dengan berbagai pola peningkatan sistem pembelajaran yang telah mengunakan media Internet dapat dipastikan para pelajar saat ini telah banyak menggunakan handphone untuk berbagai keperluan khususnya keperluan pembelajaran dalam setiap aktifitas pembelajaran di sekolah.tentu dengan fasilitas ini kesehatan mata adalah suatu hal yang sangat vital dan perlu untuk diperhatikan kesehatannya dalam mendukung peningkatan prestasi belajar anak di sekolah,” ujar Iqbal.
 
Selain sosialisasi kesehatan mata juga akan digelar donasi kacamata gratis kepada pelajar dan operasi katarak kepada 22 orang masyarakat sekitar perusahaan yang ada di 3 kecamatan yakni kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kecamatan Parmaksian dan Kecamatan Aek Songsongan yang direncanakan dilaksanakan pada 22 November 2022 mendatang, ungkapnya.
 
Sebelum bantuan kacamata diberikan dr.Budi Harianto memberikan sosialisasi dan penjealsan tentang pengenalan kesehatan Mata kepada para pelajar dan masyarakat di wilayah sekitar Paritohan. 
 
"Dengan pengetahuan melalui sosialisasi ini kita dapat mengerti dan memahami serta menjaga kesehatan mata kita, karena mata merupakan jendela dunia.untuk menikmati keindahan alam surga dunia ini kita bisa melihatnya dengan mata kita.jendela kita mata, dengan mata kita berinteraksi, dengan mata kita bisa memberikan informasi,” ujar Budi.
 
Sementara Direktur PT Inalum (Persero) melalui bagian Humas Charis Simangunsong, Sabtu, (19/11/2022) menyebutkan kegiatan ini dalam rangka menyambut HUT PT Inalum (Persero) ke-47 dan diikuti 9 sekolah yang berada di Kabupaten Toba dan Asahan. Sedangkan penerima kacamata sebanyak 140 pelajar. 
 
“Kegiatan sosialisasi kesehatan mata berikut operasi katarak mata yang digelar perusahaan mendukung program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), khususnya pada pilar sosial juga menjalani kehidupan yang sehat dan sejahtera serta pendidikan yang berkualitas," ujarnya.
 
Mewakili para pelajar peserta sosialisasi dan penerima bantuan kaca mata gratis bantuan dari PT Inalum (Persero) Kristin Nadeak siswi dari SMAN N.1 Pintu Pohan Meranti menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan. 
 
"Kegiatan sosialisasi sangat bermanfaat bagi kami para pelajar SMP/SMA yang telah memberikan pemahaman kepada kami para pelajar tentang kesehatan mata.dengan bantuan kaca mata gratis yang diberikan perusahaan sangat membantu pelajar yang tidak mampu membeli kacamata.dengan bantuan kacamata dari INALUM telah membuat kami bisa kembali beraktifitas seperti biasa dengan normal kembali," ujarnya.
 
Untuk diketahui, para peserta sosialisasi serta pemeriksaan kesehatan mata dan pemberian kaca mata gratis ini diantaranya SMP N.1 Parmaksian, SMA N.1 Parmaksian, SMP N.1 Pintu Pohan Meranti, SMP 2 Pintu Pohan Meranti, SMP N.4 Pintu Pohan Meranti, SMA N.1 Aek Songsongan, SMA N.1 Pintu Pohan Meranti dan SMP N.1 Aek Songsongan dan SMP N.2 Aek Songsongan.