INHU - Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si hadir menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Desa kepada seluruh desa di Kabupaten Inhu Tahun Anggaran 2022, Selasa (15/11/2022). Bantuan diserahkan secara simbolis di antaranya, Desa Sukajadi, Kecamatan Lirik, Desa Lambangsari I,II,III, Desa Kota Lama, Desa  Air molek II Kecamatan Pasir Penyu, Desa Candirejo, Fesa Sei Lala Kecamatan Sei Lala, Desa Talang Mulya Kecamatan Batang Cenaku, Desa Seresam Kecamatan Seberida.

Syamsuar dalam sambutannya menyebutkan penyerahan BKK ini bertujuan untuk kemajuan desa terus meningkat termasuk juga Bumdesnya.

Syamsuar mengatakan dengan adanya BKK diharapkan tidak ada lagi desa tertinggal di provinsi Riau dan juga diharapkan semua desa di Riau sudah Memiliki Bumdes.

"Bumdes  akan membantu meningkat kan perekonomian masyarakat" ujar Syamsuar dan berharap peran serta Kades dalam upaya  bantuan ini dapat mengentaskan kemiskinan dan penurunan angka stunting.

Sementara Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi menyebutkan BKK Desa Provinsi Riau untuk desa-desa se-kabupaten Inhu telah diterima 100%.

Pihaknya juga mengapresiasi kerjasama yang baik ini, karena seluruh pengajuan proposal, proses penyiapan persyaratan dan verifikasi sampai pada proses pencairannya. Sebab Kabupaten Inhu termasuk yang tercepat dalam pengajuan proposal dan tercepat dalam pencairan hingga lengkap 178 Desa atau 100%.

Rezita menyebutkan ada 2 kegiatan wajib yang diamanatkan kepada seluruh desa yaitu kegiatan kewirausahaan dan kegiatan peningkatan manajemen Bumdes yang telah 100% dengan mengoptimalkan badan kerjasama antar desa pada tiap-tiap kecamatan.

Salah satu usulan dari pemkab Inhu dalam kesempatan ini adalah dengan memberikan penghargaan berupa tambahan alokasi dana BKK bagi desa-desa yang berstatus mandiri dan maju.

"Usulan lainnya semoga besaran pagu BKK tahun selanjutnya bisa bertambah untuk seluruh desa," harap Rezita.

Hadir dalam kegiatan ini di antaranya, Junaidi Rachmat, Ketua DPRD Provinsi Riau, Yulisman, Kadis PMD provinsi Riau, Kadis PMD Inhu, Pejabat  di Lingkungan Pemkab Inhu, Camat se-kabupaten Inhu, Kepala Desa se-kabupaten Inhu, Ketua APDESI/Forum Kades Inhu, Ketua PABPDSI/ Forum BPD Kab Inhu, Guru Tahfiz se-kabupaten Inhu.