PALAS - Dalam rangka memperkuat strategi dan kerjasama dalam pengelolaan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Lazis mengunjungi kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Palas. Kunjungan pengurus PD Muhammadiyah dan  Lazismu disambut Pimpinan Baznas dan pengurus Kabupaten Palas dengan ramah tama serta penuh keakraban sebagai jalinan silaturrahmi.

"Dengan kunjungam PD Muhammadiyah dan pengurus Lazismu, bisa memperkuat langkah strategi bersama untuk saling bersinergi dalam pengelolaan zakat,infaq dan sedekah," kata Pimpinan Baznas Kabupaten Palas,H.Paraduan Tanjung, Senin (14/11/2022).

Dikatakan, melalui kerjasama yang baik antara Baznas dan PD Muhammadiyah dan Lazismu tentu pemanfaatan pengelola zakat,infaq dan sedekah akan lebih produktif dan optimal akan terwujud sesuai yang diharapkan.

Dikesempatan itu juga, Paraduan Tanjung menyampaikan harapan kepada PD Muhammadiyah dan Lazismu ikut membantu dalam penghimpunan zakat, infaq dan sedekah di Kabupaten Palas.

"Dalam pelaksanaan penghimpunan  pengelolaan zakat,infaq dan sedekah diperlukan sinergi dengan lembaga lainnya dan pihak terkait lainnya," katanya.

Ia mengatakan, jika pengelola zakat,Infaq dan sedekah berjalan produktif, tentu penyaluran membantu para muzakki akan lebih merata yang bermanfaat untuk kesejahteraan umat.

Di pertemuan itu, ia menyebutkan ada empat penguatan yang menjadi target Baznas Kabupaten Palas dalam melaksanakan tugas dan kewajiban yaitu penguatan kelembagaan, sumber daya masyarakat, infrastruktur dan jaringan kerja sama.

Paraduan menambahkan, pembinaan mustahik diperlukan keseriusan, mulai dari peralatan usaha, pemasaran, pemasokan hingga kebutuhan lainnya sehingga diperlukan pihak-pihak lain agar program pembinaan tersebut berhasil tanpa kendala

Pada pertemuan tersebut juga didiskusikan  tentang pentingnya peningkatan kompetensi amil melalui sertifikasi secara nasional serta sinergi data terkait mustahik, muzaki dan program antara lembaga amil di tingkat daerah dengan Baznas.

"Pihak Baznas Palas sangat serius dalam meningkatkan kapasitas amil dengan turun kelapangan  sebagai upaya upgrading, pelatihan,uji kompetensi serta kegiatan terkait sumber daya amil,” pungkasnya.