TOBA - Dalam rangka pelaksanaan pengawasan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024, Bawaslu Toba menggelar sosialisasi "Pengawasan Pemilu Partisipatif" Kamis, (10/11/2022). Sosialisasi bertema 'Bersama Rakyat awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu' dihadiri peserta dari kalangan insan Pers, LSM, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Pelajar Mahasiswa/i se Kab.Toba.
 
Hadir sebagai narasumber DR.Dimpos Manalu, S.Sos,M.Si dari kalangan akademisi Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas HKBP Nomensen dan Plt.Kadis Kominfo Kab.Toba Sesmon Butarbutar.
 
Kegiatan sosialasi dibuka dan dipimpin langsung Tomson Manurung Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat (HPPH) dan Japarlin Napitupulu, ST Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P2S) mewakili Ketua Bawaslu Toba, Romson Boskoro Purba,ST.SH.
 
Sosialisasi yang digelar bertujuan untuk mengajak dan mengimbau kepedulian masyarakat untuk melakukan pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mulai dari tahapan hingga pelaksanaan akhir Pemilu di wilayah atau desa/kampungung masing masing warga.
 
DR.Dimpos Manalu, S.Sos,M.Si dari kalangan akademisi Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas HKBP Nomensen menyebutkan tahapan tahapan pengawasan serta cara penyampaian laporan atau pengaduan dugaan penyimpangan atau pelanggaran dalam berjalannya tahapan hingga pelaksanaan Pemilu yang nantinya akan disampaikan (dilaporkan) oleh warga dan pemerhati lainnya kepada pihak Bawaslu ataupun kepada Gakumdu Pemilu 2024 sesuai peraturan yang telah ditetapkan UU Pemilu.