PALAS - Setelah dikukuhkan, PMI Kabupaten Padanglawas berkoordinasi dengan RSUD Sibuhuan, Rabu (9/11/2022). Langkah ini sebagai upaya wujudkan ketersedian darah melalui kegiatan donor darah. Ketua PMI Padanglawas, Harjusli Fahri Siregar.SSTP.MSi didampingi pengurus lainnya menemui Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan, dr.Elni Rubianti Daulay.

Dalam pertemuan tersebut, Harjusli Fahri Siregar menyampaikan, rencana program kerja kemanusian yang digalang PMI Kabupaten Palas di antaranya terwujudnya ketersedian darah di daerah.

Selain itu, rencana kegiatan tahun 2023 dalam penggalangan kegiatan donor darah diharapkan dukungan teknis dari pihak RSUD Sibuhuan terkait pengembangan kegiatan organisasi PMI Kabupaten Palas terutama dalam bidang donor darah dan lainnya.

Ia juga berharap, adanya komunikasi lanjutan dengan RSUD Sibuhuan. Karena tujuan pertemuan ini membangun komunikasi dan koordinasi untuk program PMI, sekaligus terjaminnya kebutuhan darah di daerah Kabupaten Palas. 
 
Menurut Harjusli, peningkatan pemahaman serta kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah perlu disosialisasi agar tepat sasaran.

"Berpartisipasi untuk kegiatan kemanusian dengan donor darah juga memberikan manfaat bagi kesehatan pendonor. Disamping juga sangat dibutuhkan bagi kemanusian," ujar Harjusli.

Pengurus PMI Palas, sambungnya berharap kegiatan donor darah dapat terus digalakan dan menjadi budaya ditengah masyarakat khususnya Kabupaten Palas.

"Semoga harapan ini menjadi kebersamaan kita dalam kegiatan kemanusian yang memberi manfaat bagi semua orang," imbuhnya.

Menyahuti hal tersebut, Direktur RSUD Sibuhuan,dr.Elni Rubianti Daulay menyambut baik dan berharap yang sama dengan rencana program kerja PMI.

“Rencana ini sangat baik, semoga bisa kita wujudkan bersama. Karena sangat membantu pihak di RSUD Sibuhuan," ungkapnya.

dr.Elni Rubianti menyatakan dukungan rencana program PMI untuk upaya peningkatan ketersediaan darah. Karena menurutnya akan jadi sebuah bentuk kerjasama yang bisa diwujudkan untuk kegiatan kemanusian.

"RSUD Sibuhuan sepakat untuk mewujudkan program yang terintegrasi dengan PMI khususnya terkait donor darah," imbuhnya.

Direktur RSUD Sibuhuan berjanji siap bersinergi dengan PMI Kabupaten Palas sebagai mitra  strategis dengan membangun kerjasama yang baik untuk kegiatan donor darah.