MADINA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) memantau harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di Pasar Baru Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Selasa (8/11/2022). Dia menyebut harga komoditas di pasar tersebut terpantau stabil.
 
Dalam lawatannya itu juga didampingi Wakil Bapati Madina Atika Azmi Utammi, Kapolres Madina AKBP Muhammad Reza dan ditemani sejumlah Kepala Dinas.
 
Menteri Perdagangan itu juga mengatakan harga kebutuhan pokok yang relatif stabil di Pasar Baru Panyabungan tersebut meski jauh dari Kota Medan.
 
Zulkifli Hasan mencontohkan seperti harga komoditi Bawang Merah dan Cabai di Pasar Baru Panyabungan yang hampir sama dengan daerah Jawa sebesar Rp 30 ribunya per kilogram.
 
"Disini (Pasar Baru Panyabungan) harga alhamdulillah stabil meski jauh dari Medan, di Jawa juga begitu harga bawang dan cabai Rp 30 ribu, kemarin juga saya pergi ke makasar," katanya.
 
Ia juga mengamini bahwa ada juga harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan,namun masih terjangkau salah satunya termasuk beras.
 
"Di sini beras medium-nya itu Rp 9 ribu ke Rp 11 ribu harganya, sedikit naik harganya bila dibandingkan beberapa waktu lalu. Jadi beras yang agak mahal sedikit kalau di sini, lain-lain stabil," ungakapnya.
 
"Minyak goreng juga banyak tadi, yang curah gak sampai Rp13 ribu yang kemasan plastik pun Rp 14 ribu. Jadi, di sini saya kira harga-harga terjangkau dan stabil, barangnya juga banyak," papar Zulhas.
 
Ditambah lagi dengan harga olahan kacang kedelai juga mengalami kenaikan menjadi Rp 14 rbu per kilogram.
 
Kemudian untuk menstabilkan harga, pemerintah pusat kata Zulahs tengah mengimpor kacang kedelai sebanyak 350 ribu ton dari Amerika.
 
"Dan dengan impor kacang kedelai ini diharapkan nantinga dapat membuat harga di pasaran menurun hingga Rp 10 ribu per kilogram," beber Zulhas.
 
Dalam kesempatan tersebut Zulhas turut membeli dan memborong beberapa jualan milik pedagang yang dikunjunginya lalu membagikan ke pengunjung Pasar Baru Panyabungan.