PALAS - MAN 1 Padanglawas Plus Keterampilan dan Riset menggelar pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) priode 2022/2023. Kegiatan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM diikuti 4 pasangan calon(Paslon)di koordinir oleh siswa  yang berlangsung secara demokrasi mengunakan kotak suara untuk penyaluran hak suara bagi  setiap peserta didik.

Dalam pelaksanaan pemilihan OSIM tersebut, diamati oleh guru agar pelaksanaannya berlangsung demokrasi dan tertib dengan sistim langsung jujur dan adil (Jurdil).

Kepala MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset,Hj Mahnidar Azwarni Nssution.S.Ag menyampaikan, pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM ini bertujuan memberikan pendidikan demokrasi dengan proses hingga pencoblosan hak suara.

Diharapkan, melalui kegiatan ini bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum (Pemilu) yang benar.

"Pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan di antara siswa dan siswi madrasah," terangnya, Sabtu (5/11/2022).

Ia juga berpesan,kepada pihak panitia pemilihan OSIM untuk menggunakan tata cara dan logistik seperti yang digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut Hj Mahnidar, hal ini sebagai wujud nyata siswa- siswi madrasah  dalam pendidikan demokrasi yang dimulai dari sejak dini untuk tujuan pembelajaran kepada siswa karena realita dilapangan masih mengunakan pencoblosan.

"Pasangan Calon yang mendapat suara terbanyak dalam pemilihan akan terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIM," katanya.

Selanjutnya,kata Mahnidar, setelah pemilihan tersebut, Panitia Pemilihan OSIM bersama Pembina OSIM akan mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Pengurus OSIM MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset  yang baru terpilih.

"Saat ini masih berlangsung perhitungan suara dari 4 pasangan calon yang maju dalam pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM priode 2022/2023," ucapnya.

Sebelumnya,Wakil Kepala Madrasah, Syarif Hadi Saputra Lubis, S.Si mengumumkan secara langsung 4 pasangan calon (Paslon) Ketua dan Wakil Ketua OSIM di depan peserta didik madrasah.

Keempat pasangan calon yang maju dalam pemilihan OSIM tersebut,Wahyu kelas XI MIA 1 dan Eli Zahrawati kelas XI IIS 3. Salim kelas XI IIS 4 dan Andre kelas XI MIA 3.Hamdan Ismail kelas XI IIS 2 dan Daniel Pijor kelas XI MIA 2. Wardah Hasanah kelas XI IIS 1 dan Febriani kelas XI MIA 3.