MADINA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mulai gencar melakukan perekaman untuk pemilih pemula menjelang pemilu 2024. Perekaman e-KTP bagi pemilih pemula tersebut dilakukan dengan menyasar ke sekolah-sekolah.
 
Kepala Disdukcapil Madina Ridwan Nasution mengatakan perekaman E-KTP bagi pemilih pemula dilakukan untuk persiapkan pemilu 2024.
 
Untuk itu pihaknya melakukan pelayanan jemput bola rekam e-KTP ini sebagai tindak lanjut dari Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil seluruh Indonesia.
 
"Sekarang kita permudah. Mereka tak perlu izin meninggalkan sekolah demi mengurus KTP ke Kantor Dinas Dukcapil," katanya saat membagikan e-KTP ke pemilih pemula di kalangan pelejar SMAN I Panyabungan, Jum'at (4/11/2022).
 
Pembagian e-KTP tersebut juga turut dihadiri Ketua Bidang II TP PKK Asmawati Alamulhaq.
 
"Perekaman jemput bola ini untuk memudahkan para siswa setelah lulus saat pengurusan administrasi. Baik untuk melanjutkan pendidikan maupun sebagai syarat administrasi lainnya termasuk ketika pemilu 2024 nanti," ujarnya.
 
Dikatakan Ridwan, pihaknya baru terjun langsung di empat sekolah, namun yang baru saja dibagikan ada tiga sekolah, yakni di SMAN I Panyabungan, SMA Negeri 2 Plus Panyabungan dan SMA Negeri 3 Panyabungan.
 
Ridwan menambahkan, perekaman e-KTP dilakukan terhadap pelajar berusia 16- 17 tahun di tingkat SMA/SMK se-Madina.
 
Nantinya, bagi siswa yang sudah berusia 17 tahun dapat langsung mencetak e-KTP di tempat. Sedangkan bagi yang belum berusia 17 tahun hanya dilaksanakan perekaman saja.
 
"Pencetakan KTP nya baru akan dilaksanakan ketika sudah berusia 17 tahun dan akan diserahkan langsung ke individu melalui pihak sekolah. Sementara siswa yang masih berusia 16 tahun nantinya usianya sudah cukup silakan datang langsung ke kantor Diskucapil Madina," imbuhnya.
 
Dia mengatakan dari data Disdukcapil Madina, pemilih pemula pada tahun 2024 ada sebanyak 18.000 orang. Hampir 90 persen para calon pemilih pemula itu tercatat sebagai pelajar. Untuk hari ini  ada sebanyak 245 e-KTP yang dibagikan ke pelajara di tiga sekolah.
 
"Rinciannya, 113 e-KTP untuk pelajar SMA Negeri 1 Panyabungan, 34 e-KTP untuk pelajar SMA Negeri 2 Plus Panyabungan, dan 98 e-KTP untuk pelajar SMA Negeri 3 Panyabungan," ungkapnya.