PALAS - Pemkab Padanglawas menerima penghargaan dari Menteri Keuangan (Menkeu) RI atas keberhasilan pemerintah dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2021 dengan capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan Menkeu RI, Sri Mulyani Indrawati diserahkan langsung oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi didampingi Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Heru P.Nugroho kepada Plt Bupati Palas, dr H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi
di Aula Teuku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Kamis (3/11/2022).
 
"Selamat atas pencapaian opini WTP,dalam penyusunan laporan keuangan tahun 2021, karena tidak semua daerah mendapatkan penghargaan tersebut. Ini prestasi yang sangat membanggakan,” ungkap Gubernur.
 
Plt Bupati Palas, dr H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi mengatakan, penyerahan penghargaan ini dalam kegiatan  Rapat Koordinasi Pemda dan Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran - Wilayah (UAPPA-W) tahun 2022.
 
Kegiatan Rakor tersebut mengusung tema Akuntabilitas laporan keuangan tingkat kinerja untuk pulih lebih cepat bangkit lebih kuat yang diadakan di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut.
 
"Kabupaten Padanglawas memperoleh penghargaan dengan kategori Kabupaten dibawah lima tahun yang memperoleh WTP," terangnya.
 
Plt Bupati menjelaskan, opini WTP ini untuk ketiga kali berturut-turut  diraih Pemkab Palas. Pertama kali pada tahun 2019 dan 2020 serta laporan keuangan di tahun 2021.
 
"Penghargaan ini bentuk apresiasi Kemenkeu atas pencapaian pengelolaan keuangan,aset serta penata kelolaan dan pertanggung jawaban keuangan yang dinilai transparan," tambahnya.
 
Hal ini, sambung Plt Bupati, dibuktikan dengan raihan WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI 3 kali berturut-turut oleh Pemkab Palas  yang kembali ditorehkan dalam penyusunan laporan keuangan di Tahun 2021.
 
Usai menerima penghargaan tersebut,Plt Bupati Palas menyampaikan, terima kasih 
atas penghargaan yang diberikan Menkeu RI atas capaian WTP 3 kali berturut-turut.
 
Ia berharap, penghargaan ini menjadi pemantik semangat untuk bekerja lebih keras lagi sehingga melahirkan tekad dan komitmen yang lebih baik agar pengelolaan keuangan di Kabupaten Palas semakin baik.
 
“Insya Allah, perolehan WTP ini menjadi semangat dan motivasi bagi Pemda untuk menyajikan laporan keuangan yang lebih bagus lagi, lebih transparan, akuntabel dan bertanggung jawab dengan harapan kedepan raihan ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” ucapnya.
 
Tak lupa Plt Bupati menyampaikan, apresiasi atas kinerja jajarannya yang telah bekerja membantu mewujudkan pengelolaan keuangan yang transparan dan diakui oleh lembaga pemeriksa keuangan.
 
“Ini semua berkat kerja keras seluruh instansi yang ada di lingkup Pemkab Palas. Terima kasih kepada OPD yang telah bekerja maksimal, mudah-mudahan ini menjadi rasa kebersamaan atas kerja keras dari seluruh unsur Pemkab,” pungkasnya.
 
Turut serta mendampingi Plt Bupati Palas Kepala Inspektorat Palas, Inspektur Harjusli Fahri Siregar.SSTP.MSi, Sekretaris BPKAD Kabupaten Palas, Fajaruddin Hasibuan.