LANGKAT -Acara syukuran “ HUT Ke-71 Humas Polri” digelar sederhana di aula Wirasatya Mapolres Langkat, Selasa (1/11/2022). 
 
Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK yang diwakili Waka Polres Langkat, Kompol Hendri Nupia Barus, terlihat memberikan arahan dan pesan-pesan kepada jajaranya khususnya Bagian Humas.

Dalam sambutanya Waka Polres Kompol Hendri Nupia D Barus, didampingi Kasi Humas AKP Joko Sumpeno dan beberapa pejabat utama lainnya menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya berbagai giat sosial dalam rangka menyambut HUT humas Polri ke 71.

Waka polres juga menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada para jurnalis yang selalu setia dan aktif dalam mempublikasikan segala kegiatan yang berkaitan dengan Polres Langkat.

Semoga jalinan silaturahmi antara Polres Langkat dengan rekan jurnalis semakin harmonis dan senantiasa terus terbina untuk satu tujuan membangun bangsa.” Ujar Waka. Lebih lanjut, orang nomor dua dijajaran Polres Langkat inipun menceritakan awal lahirnya Humas Polri.

Secara resmi Humas Polri terlahir dengan sebutan Dispenpol (Dinas Penerangan Polri) pada tanggal 30 Oktober 1951. Hal ini berdasarkan Order Kepolisian Negara Pertama Jenderal R.S Soekanto (Kepala Jawatan Kepolisian Indonesia Pusat) tanggal 30 Oktober 1951 No. 65/IV.1951.

Pada tahun 2001, Dispenpol berganti nama menjadi Puspenpol (Pusat Penerangan Polri). Kemudian pada tahun 2002 berganti menjadi Badan Humas Polri. Pada tahun 2005, Badan Humas Polri pun berganti nama menjadi Divisi Humas Polri sampai dengan sekarang.

Untuk divisi Humas Polri itu terdiri dari 3 Biro di dalamnya. Ketiga Biro itu antara lain, Biro Penerangan Masyarakat (Biro Penmas),Biro Pengelolaan Informasi dan Data (Biro PID) dan Biro Multimedia. Divisi Humas Polri itu dipimpin oleh seorang Perwira Tinggi Polri berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen-Pol) Polisi.

“Jadi di Polri hanya Divisi humas ini saja yang memiliki hari lahir. Sedangkan divisi lainya seperti Propam,itu tidak ada, jadi disinilah istimewanya divisi Humas. “ Ujar Waka mengahiri arahanya.

Sementara Ketua PWI Langkat Darwis Sinulingga, dalam sambutanya mengucapkan selamat HUT Humas Polri Ke-71.

Meski usia (Humas Polri-red) sudah terbilang “Matang”,tapi ini baru awal permulaan memulai tugas yang berat sebenarnya. Apalagi, ahir-ahir ini Institusi Polri dihantam Prahara yang menyeret banyak oknum Polri dengan berbagai kasus.

Disini peran Humas atau corong dari Kepolisian harus mampu memberikan informasi yang menenangkan masyarakat, mengembalikan kepercayaan masyarakat.

Jadi tugas Humas benar-benar berat, karena harus menyampaikan apa yang dikerjakan jajaran dengan baik. “ Ujar Darwis seraya mengigatkan Humas untuk terus berkordinasi dengan rekan-rekan wartawan.*