PALAS -Satresnarkoba Polres Palas masuk ke lingkungan sekolah untuk memberikan pelatihan dan sosilisasi narkotika, psikotoprika, dan zat adiktif (Napza) kepada pelajar sebagai sahabat polisi, Jumat (28/10/2022) di Aula MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset.
 

Pelatihan yang dirangkai dengan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan napza disampaikan langsung oleh Kasat Narkoba Polres Palas, AKP Agus M.Butar-Butar.SH.

Peserta sosialisasi diikuti puluhan siswa dari lingkungan sekolah MAN 1 Palas Plus Keterampilan dan Riset, SMA N 1 Sibuhuan, SMA Taruna Bangsa Palas, SMK N 1 Barumun, Santri Ponpes Al Mukhlisin, Santri Ponpes Pesantren NU Aek Haruaya, SMK N 1 Lubuk Barumun dan Santri Ponpes Al Muktariyah.

Kapolres Padanglawas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.MSi melalui Kasat Narkoba, AKP Agus M.Butar-Butar.SH menyampaikan, sosialisasi ini bertujuan memberikan edukasi kepada adik-adik pelajar agar terhindar dari bahaya narkoba yang merusak masa depan generasi muda harapan bangsa.

"Sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya bertujuan memberi pemahaman pengetahuan guna membentuk karakter dan kepribadian yang baik," terangnya.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, para adik-adik pelajar mendapat ilmu pengetahuan tentang pengenalan berbagai jenis narkotika dan bahaya serta ancaman sanski hukuman bagi penyalahguna narkotika.

Ia berharap, sosialisasi ini memberi manfaat edukasi dan pemahaman bagi pelajar agar terhindar dari lingkaran jaringan narkotika. Karena bertujuan untuk menyelamatkan generasi bangsa dari lingkaran penyalahgunaan narkoba.

"Pengenalan Napza ini tentu sangat perlu diketahui adik-adik pelajar sebagai benteng menjaga diri dan pencegahan dari bahaya narkotika yang menjadi musuh kita semua," ucapnya.

Agus menambahkan upaya pencegahan agar terhindar bahaya narkotika harus dari diri sendiri tanpa terkontaminasi dari lingkungan yang dapat mempengaruhui kenakalan remaja yang akhirnya terjerumus dengan penggunaan narkotika," tegasnya dihadapan para pelajar tingkat SLTA sederajat tersebut.

Melalui sosialisasi ini, lanjutnya, peserta dari kalangan pelajar akan paham dan mengerti apa dampak akibat dari penyalagunaan narkotika yang cukup berbahaya bagi kelangsungan masa depan anak bangsa.

"Kita berharap adik-adik pelajar menjadi agen perubahan di tengah masyarakat, sehingga akan berdampak mengurangi angka penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif di lingkungan masyarakat khususnya remaja," tambahnya.

Agus juga mengingatkan, pelajar atau peserta didik untuk selalu hati-hati dalam bersosialisasi di tengah masyarakat agar tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkoba dengan modus pergaulan.

Selain itu, ia berharap peserta didik ikut berperan dalam menyebar luaskan informasi tentang anti narkoba dan obat berbahaya lainnya di lingkungan pelajar dan masyarakat.

Usai memberikan bimbingan, Kasat Narkoba Polres Palas memberi kesempatan kepada peserta untuk sesi tanya jawab dan ditutup dengan doa bersama.