TOBA - Dua desa di Kecamatan Porsea, Toba (Desa Parparean II dan Desa Lumban Manurung) memeriahkan HUT Sumpah Pemuda ke - 94 dengan menggelar lomba Solu Marsada-sada, Jumat (28/10/2022). Para peserta lomba hadir dari 4 Desa bertetangga dengan jumlah yang mendaftar 44 orang peserta lomba dan yang turun berlomba sebanyak 35 orang peserta lomba di berangkatkan dari titik start di Pantai Pasir Putih Danau Toba Parparean II dengan akhir finish di Pantai Pasir Putih Pasifik desa Lumban Manurung.
 
Dari garis start diberangkatkan Kepala Desa Parparean II Saut Napitupulu bersama Kepala desa Lumban Manurung Ramot Sirait yang didampingi para perangkat desa Parparean II dengan garis finish di Pantai Pasir Putih Pasifik Desa Lumban Manurung, dengan jarak tempun 2 Km.
 
Setelah diberangkatkan dari garis start, semua peserta berlomba dengan semangat dan tampak di tengah Danau para peserta dengan gigih mendayung sampannya (solu) untuk mencapai garis finish.
 
Diakhir lomba peserta pertama mencapai garis finish sebagai peraih juara I Manahan Napitupulu (43) warga desa Parparean II, Juara II Krisman Gultom (24) warga desa Patane IV, Juara III Jumaga Panjaitan (24) warga desa Parparean I dan peraih Juara harapan 1 (IV) Erik Soni Napitupulu (42) warga desa Parparean 1.
 
Seluruh peserta diberangkatkan dari titik start Pantai Pasir Putih Desa Parparean II Kec Porsea sekitar pukul 10.00 Wib dan pendayung pertama tiba di garis Finish 10.43 Wib disusul juara II, III dan IV (Juara Harpan I).
 
Kepala Desa Parparean II Saut Napitupulu saat dikonfirmasi www.gosumut.com usai kegiatan digelar menjelaskan, kegiatan lomba dayung solu marsada sada terlaksana berkat kerjasama dengan Kepala Desa Lumban Manurung dan Ketua Umum KMDT Edison Manurung. 
 
Disampaikannya, untuk juara 1 meraih hadiah Rp1.000.000, Juara II Rp 750.000, juara III Rp 500.000 Dan juara harapan 1 (IV) meraih hadiah Rp 250.000 beseeta sertificate Piagam penghargaan dari Panitia Lomba Solu Marsada sada bersama KMDT (Komite Masyarakat Danau Toba).untuk semua peserta yang ikut bertanding diberikan pengharagaan Rp100.000 sebagai pengganti uang transportasi.
 
Ditambahkannya, peserta lomba diberangkatkan dari garis start di Pantai Lasir Putih Parparean II bersama Kepala desa Lumban Manurung Ramot Sirait yang didampingi para perangkat desa Parparean II dengan garis finish di Pantai Pasir Putih Pasifik Desa Lumban Manurung Kecamatan Porsea dengan jarak tempuh berjarak 2000 meter.
 
Untuk jumlah peserta yang mendaftar 44 orang yang ikut berlomba hanya 35 orang yang kesemuanya warga dari 4 Desa yang bertetangga yakni desa Parparean I, desa Parparean II, Desa Patane IV dan desa Lumban Manurung Kec.Porsea.
 
Wakil Ketua KMDT, Imron Simanjuntak dalam kesempatan tersebut mengajak semua untuk menjaga dan melestarikan kawasan Danau Toba dengan berbagai kearifan budaya lokal Batak. Salah satunya lomba solu marsada-sada untuk menarik minat wisatawan. 
 
Pantauan gosumutmut.com selama berjalannya lomba berjalan dengan aman dan tidak ada peserta yang terjatuh ke Danau, semua peserta sampai hingga ke garis finish di pantai pasir putih Pasifiq Desa Lumban Manurung dengan selamat.