TOBA - Sebanyak 862 personel dikerahkan untuk melakukan penjagaan dan pengamanan pelaksanaan Sinode Godang HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) Ke - 66 tahun 2022 yang digelar selama 4 hari di gedung Seminarium HKBP Sipoholon Tarutung Kab Tapanuli Utara, Sumut. Kapolres Tapanuli Utara AKBP.Johanson Sianturi,S.I.K,MH dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/10/2022) melalui Kasie Humas Aiptu W Baringbing menyebutkan pengerahan sejumlah personil Polri dibantu personil dari Kodim 0210 TU merupakan langkah untuk mengantisifasi kemungkinan adanya gangguan saat digelarnya acara. 
 
"Hal tersebut dilakukan demi memastikan keberlangsungan Sinode Godang HKBP yang ke-66 tahun 2022 berjalan dengan aman, nyaman dan damai. Polres Tapanuli Utara bersama Kodim 0210/TU dan Pemkab Taput menurunkan personil pengaman Sinode Godang HKBP sebanyak 862 personil," sebut Kapolres Taput yang disampaikan Aiptu W Baringbing.
 
Disebutkannya, sejumlah 862 orang personil yang ditugaskan adalah gabungan dari Kodim 0210 TU dan Pemkab Taput terdiri dari 2 SSK dari Polres Taput, 1 SSK Kodim 0210/TU, 1 SST Satpol PP, 1 SSK BKO brimob Polda Sumut, 1 SSK Dalmas Polda Sumut, 1 Pleton Polwan BKO Polda Sumut, 1 tim Jibom Brimob Polda Sumut, 1 tim regu penyelamat, Tim Medis Kesehatan, Damkar dan Satgas Covid-19 dalam upaya penegakkan Protokol Kesehatan (Prokes Covid-19).
 
Sesuai informasi dari Panitia Sinode Godang HKBP Ke - 66 Tahun 2022 Sinode Godang HKBP, kegiatan berlangsung mulai dari tanggal 24 s/d 27 Oktober 2022 di gedung Auditorium HKBP Seminarium Sipoholon dengan menghadirkan ribuan peserta yang terdiri dari unsur pendeta dan perwakilan jemaat yang merupakan perwakilan dari gereja-gereja HKBP yang ada di seluruh Indonesia. 
 
Mengetahui jumlah peserta yang sampi ribuan orang hadir, Kepolisian Polres Taput bersama TNI AD KODIM 0210 TU membuat pengawasan dan pengaman untuk diperketat guna menghindari berbagai bentuk gangguan kemungkinan akan terjadi baik ancaman teror dari pihak-pihak luar yang tidak bertanggung jawab yang nantinya akan mengganggu keberlangsungan jalannya Sinode Godang HKBP Ke - 66 Tahun 2022. 
 
Untuk mensukseskan terlaksananya pengamanan jalannya Sinode Godang HKBP, penempatan personil dalam menjalankan tugas pengamanan disusun dalam beberapa pola dan bentuk pengamanan yakni : Ring 1 pada pengamanan VIV di depan gedung Auditorium, Ring 2 di Pintu gerbang masuk ke lokasi dan Ring 3 di setiap persimpangan mau jalan masuk ke areal Simenarium.
 
Diungkapkan Aiptu W Baringbing, Selain konsentrasi untuk pengamanan kegiatan Sinode juga dilakukan pengamanan kepada para peserta yang hadir dari luar Kab.Taput demikian juga yang menginap di beberapa Hotel di wilayah Taput tim tetap aktif melakukan patroli pemantauan agar saat sedang beristirahat malam juga para peserta bisa dengan nyaman beristirahat. 
 
Untuk arus lalu lintas dari dan menuju lokasi Seminarium diatur oleh seluruh tim bersama sama dengan Sat Lantas Polres Taput dengan harapan dan tujuannya jangan sampai ada terjadi kemacetan dan aktifitas warga yang bermukim di sekiataran tempat Sinode Godang dan warga pengguna jalan lainnya tidak terhambat, pungkasnya.