TAPUT - DPP Marboni menyalurkan bantuan kemanusian bagi 60 Kepala Keluarga (KK) warga keturunan Raja Marpaung korban terdampak gempa bumi di Tapanuli Utara. Ketua Umum DPP Marboni Kapler Marpaung melalui Ketua Bidang Sosial Marboni, Perhatian Marpaung, dalam keterangan persnya, Senin (24/10/2022) menyebutkan berdasarkan informasi dari DPW Marboni Tarutung, keluarga Marpaung yang berdomisili di wilayah Tapanuli Utara yang terdampak gempa adalah sebanyak sekitar 60 KK.

Di antara warga yang menjadi korban, sebagian tidak mengalami kerusakan atas bangunan tempat tinggalnya namun rata-rata warga mengalami rasa ketakutan (trauma) untuk tinggal di rumah karena panik dan takut akan gempa susulan. 

Penyaluraan bantuan ini dipusatkan di rumah Manat Marpaung di Desa Hutabarat Tarutung yang diberikan langsung Ketua Umum DPP Marboni, Kapler Marpaung didampingi Ketua DPW Marboni Toba-Balige, St. Rafael Marpaung dan beberapa orang pengurus lainnya.

Bantuan yang diberikan berupa beras, gula, minyak goreng, telur, susu, mie instant serta uang cash.

Kapler Marpaung berharap bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat serta mampu membantu meringankan beban korban gempa bumi.

"Apa yang dilakukan Marboni adalah wujud kepedulian kemanusiaan Marboni, sebagaimana salah satu program kerja dari Bidang Sosial Marboni. Marboni bertekat untuk selalu dapat menunjukkan kepedulian dan rasa persaudaraannya di antara sesama pomparan Raja Marpaung di Indonesia-Dunia mana kala ada yang mengalami musibah maupun masalah - masalah sosial lainnya," ujarnya.

Usai penyerahan bantuan, pihaknya juga meninjau beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan. 


"Harapan dan doa kita bersama semoga gempa bumi tidak terulang lagi dan warga Tapanuli Utara dapat kembali melakukan aktifitas seperti biasa serta Pemda Taput dengan Bupatinya Nikson Nababan tetap kuat dan bijaksana memberikan perhatian dan pelayanannya kepada masyarakat Taput yang menjadi korban gempa dan bisa dengan cepat melakukan pemulihan pembangunan pemerintahannya di masyarakat," tandasnya.

Sementara Ketua MARBONI Taput, Marojahan Marpaung mengapresiasi penyaluran bantuan tersebut.

"Kami keturuanan Raja Marpaung dan warga desa Hutabarat Tarutung sangat bangga dan mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua Umum MARBONI dan jajaran yang telah datang melihat dan menyapa kami warga Desa Hutabarat khususnya keturunan Raja Marpaung yang menjadi korban gempa bumi Taput berkekuatan 6,0 SR," ujarnya.