PALAS - Plt Bupati Palas, drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi menghadiri upacara peringatan Hari Santri Nasional ke 8 di lapangan bola Desa Padang Garugur, Kecamatan Aek Nabara Barumun, Sabtu (22/10/2022).

 
Kegiatan upacara Hari Santri Nasional mengusung tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” dihadiri seluruh pimpinan pondok pesantren dan Badan Silaturahmi Pondok Pesantren Palas (BSPPL).

Sekitar 3000 santri dan santriwati dari berbagai Ponpes yang menjadi peserta upacara berasal dari 33 pondok pesantren se Kabupaten Palas.

"Momentum peringatan Hari Santri Nasional milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air yang memiliki keteguhan menjunjung tinggi nilai kebangsaan, bukanlah milik santri semata," kata Plt Bupati Palas, drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi membaca sambutan Menteri Agama RI.

Dengan peringatan Hari Santri ini, katanya Menteri Agama RI mengajak masyarakat Indonesia untuk turut serta merayakan Hari Santri, dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.

Dikesempatan itu juga, Plt Bupati mengucapkan selamat Hari Santri, semoga para santri menjadi generasi penerus bangsa yang agamais dan Intelektual.

"Bangsa yang besar selalu dibarengi peran para santri yang selalu berdoa dan berusaha untuk kepentingan kemaslahatan umat dan memjaga martabat kemanusian dan bangsa untuk indonesia," ujar H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Sementara Kakan Kemenag Kabupaten Palas, H.Abdul Manan.MA didampingi Ketua BSPPL, H.Paujan Hamidi Hasibuan.S.Ag mengatakan, momen peringatan Hari Santri sebagai bentuk mengenang perjuangan santri dimasa penjajahan dalam mempertahankan NKRI.

"Kita mengapresiasi Pemkab Palas yang selalu peduli dengan santri, peringatan Hari Santri ini diharapkan terus dipertahankan," kata Abdul Manan.

Kata Abdul Manan, peringatan Hari Santri Nasional diperungati setiap tanggal 22 Oktober yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor : 22 Tahun 2015 oleh Presiden Joko WIdodo di Masjid Istiqlal Jakarta.

"Keppres tersebut ditetapkan dengan menimbang peran ulama dan santri ketika memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia," tandasnya.

Usai upacara dilanjutkan dengan penyerahan tropi,hadiah dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba kegiatan santri antar pondok pesantren se – Kabupaten Palas.

Dilanjutkan dengan pelepasan pawai santri yang diikuti masing -masing perwakilan santri dari berbagai ponpes.

Hadir dikegiatan upacara, Anggota DPRD Dapil III dari PPP, Kholid Mulia Daulay, unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan OPD, Kementerian Agama, BUMN, Para Pimpinan Pondok Pesantren, Tokoh Agama dan Kepala Desa se Kecamatan Aek Nabara Barumun.