INHU -Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, S.E menghadiri acara Tumbang Chipping dan Tanam perdana Program Peremajan Sawit Rakyat (PSR) di Desa Pontian Mekar Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kamis (20/10/2022).
 
Tampak hadir dalam kegiatan ini, Staff Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Joni Maryanto, S. Pi, M. Si, Plt Dinas Koperasi Evi Irma Junita, SKM, M. Si, Camat Lubuk Batu Jaya, Armin, S. Ag, Plh Kapolres Kab. INHU, Dandim 0302/INHU, Letkol. Kav. Dani Prasetyo Wibowo S.Sos, Kades se Kecamatan Lubuk Batu Jaya serta undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini Bupati Rezita Meylani Yopi, SE membuka secara resmi acara Tumbang Chipping dan Tanam perdana Program Peremajan Sawit Rakyat (PSR) di Desa Pontian Mekar Kecamatan Lubuk Batu Jaya.

Dalam kesempatan ini Kepala Desa Pontian Mekar, Habib Rifqi, S. Pd menyampaikan Kegiatan ini dalam rangka peremajaan sawit rakyat yang mana pada saat ini kebun plasma anggota KUD Trani Maju Desa Pontian Mekar Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kab. INHU telah berumur 32 tahun dan sudah sepatutnya untuk dilakukan peremajaan, maka dilaksnakanlah tumbang chipping dan tanam perdana.

Selanjutnya menganggapi hal tersebut Bupati INHU, Rezita Meylani Yopi, SE, mengatakan sebagaimana kita ketahui penanaman perdana program peremajaan kelapa sawit rakyat yang kita laksanakan ini merupakan program kerjasama antara pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten yang bertujuan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat utamanya para petani sawit.

Berdasarkan data, ada empat lembaga koperasi unit desa diantaranya, KUD Usaha Tani, KUD Trani Maju, KUD Tani Bahagia dan KUD Tani Mekar Abadi dengan keseluruhan jumlah pekebunan sebanyak 1.082 orang dan luas lahan 2.606, 5855 Ha yang hingga akhir tahun 2021 lalu telah mendapatkan dana bantuan melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kepala Sawit (BPDPKS).

Melalui kesempatan ini, saya ingin mengajak kepada semua pihak untuk mendukung Program PSR sehingga diharapkan dapat terlaksana dengan baik demi peningkatan pendapatan perekonomian masyarakat tani sawit di Kabuapten Indragiri Hulu.

"Saya juga mengajak kepada pihak-pihak baik Pemerintah, Perusahaan swasta dan masyarakat agar dapat menjalin kemitraan demi percepatan capaian Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat (PSR) di Kab. INHU, sehingga memberi kesempatan lebih banyak lagi pekebunan sawit di daerah yang mendapatkan manfaat.

Bupati Rezita berharap melalui kegiatan tumbang Chipping dan penenaman perdana hari ini, juga bisa menjadi motivasi bagi kelompok masyarakat tani lainnya untuk segera bergabung dengan program ini. Sehingga bisa meningkatkan produktivitas kelapa sawit rakyat di Kabupaten Indragiri Hulu.Kegiatan ini berjalan dengan lancar dam di tutup dengan pemotongan tumpeng serta penanaman bibit sawit.