MEDAN- Forum Komunitas Peneliti Muda (FKPM) telah melaksanakan audiensi dengan Dinas Pertanian Karo di Kantor Dinas Pertanian Kab. Karo (Rabu, 18/10/2022). Audiensi ini langsung dihadiri dan disambut baik oleh Dinas Pertanian Kab. Karo yang diwakilkan oleh Sekretaris Dinas Pertanian Drh. Herniwaty Lidia Br Perangin-Angin, M.I.L, dan Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Feri Nanta Sebayang, SP, M.I.Kom. Dalam audiensi ini, Forum Komunitas Peneliti Muda sebagai organisasi kepemudaan yang berfokus pada penelitian dan pengembangan berkomitmen akan terus berusaha untuk memaksimalkan potensi-potensi masyarakat terutama dalam sektor pertanian melalui kolaborasi bersama antara pemuda, pemerintah, dan masyarakat.

Ketua Forum Komunitas Peneliti Muda yang merupakan Mahasiswa S-1 Teknik Elektro Universitas Sumatera Utara, Sholihin Ikhwan menyatakan bahwa bentuk program yang nantinya dijalankan akan memiliki tiga luaran utama yaitu pemberdayaan masyarakat, inovasi daerah, dan produk-produk unggulan dalam pengembangan UMKM.

“Kita berharap niat baik dalam membangun komitmen kerjasama antara pemuda terutama Mahasiswa dan Pemerintahan Kab. Karo dapat memberikan warna baru dalam menghimpun inovasi-inovasi yang nantinya mungkin dapat dimanfaatkan untuk menunjang pertanian” ujarnya.

Dalam hal ini, Sekretaris Dinas Pertanian Karo menyatakan bahwa Dinas Pertanian Karo siap mendukung segala program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dalam bidang pertanian.

“ Kita saat ini telah memberikan suatu inovasi peningkatan hasil panen buah kentang melalui metode Kentang Bertingkat” ujarnya.

Selanjutnya, Forum Komunitas Peneliti Muda akan melakukan survei ke lokasi Tahura, Kec. Dolat Rakyat bersama dengan Sekretaris Dinas Pertanian Karo untuk dilakukan pengembangan dan diharapkan dapat memberikan inovasi-inovasi baru yang dapat berguna bagi masyarakat.*