PALAS - Plt Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.MSi melantik Ketua dan Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Padanglawas (Palas) periode 2022-2027. Pelantikan pengurus Baznas Kabupaten Palas,di Aula Kantor Bupati Kabupaten Palas, Senin (17/10/2022) disaksikan Pimpin OPD dilingkungan Pemkab Palas, Ketua MUI Palas,H.Ismail Nasution.MTH dan Kakan Kemenag Palas, H.Abdul Manan.MA dan Ketua Pengadilan Agama serta Kajari Palas,Teuku Herizal.SH.MH,Wakapolres Palas, Kompol JW Sijabat.SH.
 
Plt Bupati didampingi Sekda, Arpan Nasution.S.Sos mengucapkan, selamat kepada Ketua dan Wakil Ketua Baznas Kabupaten Palas periode 2022-2027 yang dilantik.
 
H.Ahmad Zarnawi berharap berharap,para pengurus Baznas bisa menjalankan tugas dan fungsi dengan baik untuk kemaslahatan umat mewujudkan kesejahteraan.
 
“Semoga pelantikan ini, diridhoi oleh Allah dan memberikan manfaat bagi kita semua,” katanya.
 
Atas nama pemerintah daerah,lanjut Plt Bupati menyambut baik dan mendukung pengurus Baznas yang baru untuk memperkuat ekonomi umat dengan program yang menyentuh masyarakat lapisan bawah demi terbangunnya kesejahteraan dan kemakmuran.
 
“Saya berharap dengan pelantikan hari ini, roda organisasi Baznas bisa berjalan dengan lebih baik lagi dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk mendorong kemajuan perekonomian umat,” ujarnya.
 
Ia menilai,tugas dan tanggung jawab Baznas merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat. Sehingga diharapkan agar pengurus Baznas dapat membangun kesadaran dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya zakat.
 
“Zakat merupakan strategi pemerataan keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat, dalam konteks pembangunan nasional, zakat berperan yang cukup singnifikan terhadap pengentasan kemiskinan serta pemberdayaan masyarakat,” imbuhnya.
 
Sebelumnya, Wakil Ketua IV Baznas Provinsi Sumut,Azrai Harahap berpesan, Baznas Kabupaten Palas terus berinovasi dalam mengulirkan program pengelola zakat yang memberi manfaat dan kontribusi untuk pembangunan daerah dan masyarakat.
 
"Amanah yang menjadi tanggung jawab dan tugas Baznas sangat berperan aktif dalam pengentasan kemiskinan dan mengurangi pengangguran melalui program pemberdayaan yang mendorong kegiatan pengembangan usaha," tandasnya.
 
Sementara Kabag Kesra Setdakab Palas,Musa Irwan Hasibuan menjelaskan, Ketua dan Wakil Ketua Baznas Kabupaten Palas yang dilantik berjumlah 5 orang.
 
Dikatakan, hal itu sesuai Keputusan Bupati Padanglawas Nomor : 451.12/340/KPTS/2022 tentang penetapan Ketua dan Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Palas Periode Tahun 2022-2027.
 
H. Paraduan Tanjung menjabat Ketua dan Mardan Siregar SH menjabat Wakil Ketua I, Ahmad Zaki Daulay S.Pd menjabat Wakil Ketua II, H. Pangihutan Hasibuan S.Pd menjabat Wakil Ketua III dan Drs H Abdul Haris menjabat Wakil Ketua IV.