MEDAN -Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) menargetkan dapat meraih universitas unggul di bidang kedokteran tropis pada tahun 2025 mendatang.
 

Menurut Dekan FK UISU, dr Indra Janis MKT, hal ini sejalan dengan SK Rektor UISU Nomor 110 Tahun 2022 Visi dan Misi FK. UISU menjadikan pusat pendidikan dokter terkemuka di tingkat ASEAN yang berlandaskan keislaman dan unggul dalam bidang kedokteran tropis pada tahun 2025.

"Kemudian juga saya sampaikan bahwa kita telah mempunyai kurikulum baru FK.UISU dengan SK Rektor Nomor 260 tahun 2022. Makanya, mulai saat ini kita terus berbenah diri agar dapat bersaing dengan universitas universitas lainnya," sebut Dekan FK UISU dalam milad ke 57 FK UISU, Sabtu (15/10/2022) di Kampus FK UISU Jalan STM Medan.

Untuk meraih hal itu, sambung Dekan, pihaknya terus memperbaiki program dokter di FK UISU dan meningkatkan sekolah staf pengajar, baik sekolah S3 serta melakukan penelitian penelitian internasional.

Dekan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder kesehatan yang telah bersama-sama memajukan FK UISU.

"Dan juga kepada bapak ibu kepala dinas yang telah membantu kami juga nanti dalam pengabdian masyarakat, kemudian penelitian dan yang lain-lain. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada direktur rumah sakit yang telah membantu membimbing anak-anak kita dalam mencapai tujuannya dan sesuai dengan kompetensi kedokteran Indonesia," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Rektor UISU DR Yanhar Djamaluddin MAP diwakili Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Tata Kelola, Zufrizal SE, Ak.CA, MBA, MAFIS mengucapkan selamat milad ke 57 FK UISU.

"Semoga di usia ini Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara dapat berkontribusi maksimal. Untuk itu, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara harus menyatukan gerak dan langkah untuk memajukan dan berkontribusi sesuai tupoksi masing-masing, karena keberhasilan ditentukan oleh semua," ujarnya.

Dia menjelaskan, tantangan yang dihadapi saat ini semakin kompleks, terlebih lagi di era revolusi 4.0. Di mana, lulusan perguruan tinggi harus memiliki kompetensi sesuai dengan pasar kerja dan ini membutuhkan kombinasi kecakapan yang berbeda.

Ketua Pengurus Pengawas Yayasan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Prof Ismet Danial Nasution, Drg, Ph.D, Sp. Pros (K), sangat mengharapkan agar FK UISU menjadi pelopor di Universitas Islam Sumatera Utara menuju akreditasi unggul.

"Harapan kita agar Fakultas Kedokteran Islam Sumatera Utara dapat memberi nilai, tidak hanya terhadap profesi, tetapi yang paling penting adalah terhadap agama, bangsa dan negara sesuai dengan profesi kedokteran," ucapnya.

Sementara itu, Ketua IDI Medan, dr Ery Suhaimi dalam kesempatannya turut memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa mahasiswi FK UISU untuk tetap semangat dan dapat belajar tentang kepemimpinan.

Sebab, dr Ery Suhaimi sendiri lahir di perut FK UISU dan di kampus itulah dia belajar tentang arti kepemimpinan.

dr Ery menceritakan bagaimana ketika itu dia berhasil memimpin satu organisasi kampus di FK UISU. Sementara, saingannya waktu itu adalah mahasiswa semester 5 dan semester 7, sedangkan dia masih mahasiswa yang duduk di semester 3.

"Di kampus inilah saya belajar tentang kepemimpinan," sambungnya.

Milad ke 57 yang dirangkaikan dengan Orasi Ilmiah oleh Dr.dr. Lili Rachmati, Sp.A, dihadiri Ketua Pembina Yayasan UISU, Ketua Umum Yayasan UISU, Wakil Rektor ADI, STK, KAK, Ketua Senat, Sekretaris Senat dan Senator Fakultas Kedokteran UISU, Ka. Prodi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran UISU, Ka. Prodi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran UISU, Sekretaris Prodi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran UISU, Ketua IDI Medan, Kepala Dinas Kota Medan, Kepala Dinas Kesehatan Batubara, Direktur RSUD. Dr. Pirngadi Medan, Direktur RSU Haji Medan, Direktur RS Silvani Binjai dan Ketua Ikatan Alumni (Iluni) FK UISU.