TOBA - Aksi bersih tepi Danau Toba khususnya di Dermaga Ajibata telah dilakukan dengan cara gotongroyong, Kamis (13/10/2022). Pesatnya pertumbuhan enceng gondok di perairan Danau Toba akhi-akhir ini yang tumbuh dengan subur hingga ketepian pantai menjadi sangat meresahkan warga dan para wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba. Akibatnya mengurangi keindahan panorama alam Danau Toba. 
 
Pos SAR Danau Toba bekerjasama dengan UPT Dinas Lingkungan Hidup Sumut dan didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Toba, Camat Ajibata, Faji Sumut, AJS, Potensi SAR Parapat, Medan Rescue, SAR MTA, Rafting Siantar dan Brimantala bergotong royong melakukan pembersihan.
 
Kepala Basarnas Toba Hisar Turnip menyebutkan, gotongroyong berlangsung ini sehari penuh dan akhirnya berhasil membersihkan eceng gondok di sekitar Dermaga Ajibata. 
 
Untuk melakukan pembersihan tim mengunakan sarana mobil sampah untuk membuang, untuk mengangkut dan menarik enceng gondok dari dalam air ke darat mengunakan perahu rafting, kayak serta cangkul. 
 
Untuk keberlanjutan pembersihan enceng gondok dari kawasan perairan Danau Toba Ajibata ke depannya diharapkan kerja seluruh unsur yang terlibat pada kegiatan gotongroyong hari ini.
 
Hal ini telah disepakati bersama dan akan terus berlanjut secara berkala demi mendukung kemajuan Pariwisata Danau Toba sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.