TAPUT - Pemkab Taput memberikan bantuan bibit ternak itik petelur kepada warga desa Sibaragas dan Desa Pagaran Kecamatan Pagaran, Rabu (12/10/2022). Bantuan ini dalam rangka peningkatan ketahanan pangan dan penurunan angka stunting. Saat penyerahan bantuan Bupati Tapanuli Utara Drs.Nikson Nababan,M.Si turut didampingi Kepala Dinas Ketapang Longgos Pandiangan, DPPKBP3A Donna Situmeang, Kepala BPS Taput Ester Sitorus dan beberapa pimpinan OPD terkait Pemkab Taput. 
 
Dalam arahannya, Bupati Taput menekankan supaya ternak itik petelur yang diberikan dipelihara dan dijaga serta dirawat dengan baik. Sehingga ternak tersebut memberikan hasil yang memuaskan.  
 
"Bapak Ibu mohon bantuan yang diberikan saat ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan cara memelihara dan merwatnya dengan baik supaya kedepan memproduksi hasil untuk kepentingan kesehatan anak-anak kita di dalam keluarga sendiri," ujarnya.
 
Nikson juga menegaskan bantuan yang diberikan ini, tidak untuk dijual namun dipelihara supaya memproduksi hasil telur bagi keluarga. Karena daging dan telur itik mengandung protein yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik serta daya pikir anak.
 
"Kita harus menjaga dan merawat kesehatan fisik dan mental anak-anak kita untuk meraih masa depannya yang lebih baik kelak sebagai generasi penerus bangsa ini di kemudian hari," tegas Nikson.
 
Ia juga meminta agar warga menerapkan pola hidup sehat di dalam keluarga dengan menjalankan program KB. 
 
Sebelumnya Kepala Dinas Ketapang Longgos Pandiangan menyebutkan, bantuan hibah ternak itik petelur diberikan sebanyak 290 ekor di Desa Sibaragas dan 150 ekor di Desa Pagaran dengan rincian pembagiannya 10 ekor per Kepala Keluarga (KK) yang memiliki masalah stunting didalam keluarganya sesuai pendataan tim sebelumnya. 
 
Kepala BPS Ester Sitorus dalam kesempatan itu menjelaskan manfaat pendataan bagi masyarakat. 
 
"Mari kita berterima kasih kepada Pemerintah Daerah kita yang selalu memperhatikan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.
 
Lebih lanjut disampaikannya, BPS dalam tufoksi dan tugasnya sesuai dengan pesan dan amanah Presiden RI Ir.H.Jokowidodo, BPS harus berupaya dan bekerja keras memperbaiki basis data registrasi sosial ekonomi yang akan dilaksanakan BPS mulai tanggal 15 Oktober 2022 hingga 14 November 2022.
 
Dalam tenggat waktu tersebut tim petugas dari BPS akan mendatangi setiap rumah bapak ibu semua untuk melakukan pengecekan dan pendataan. 
 
Nantinya melalui hasil pendataan tersebutlah Pemda Taput akan menilai dan memutuskan siapa warga desa yang lebih layak untuk mendapatkan dan diberikan bantuan perlindungan sosial.
 
"Untuk itu kami mohon kepada bapak ibu untuk memberikan data yang sebenar-benarnya, sehingga Pemerintah Daerah melalui Bupati bisa membuat kebijakan dan keputusan tentang apa saja yang dibutuhkan serta diperlukan oleh masyarakatnya.dengan harapan kedepannya kita bisa terbebas dari kemiskinan yang ekstrim, " Tutur Ester Sitorus. 
 
Usai mengikuti pelaksanaan serah terima bantuan Bupati Nikson Nababan bersama dengan rombongannya berangkat meninjau sekolah SD Negeri Sibaragas dan SD Swasta HKBP Sibaragas untuk memeriksa dan memastikan kondisi dan keberadaan sekolah serta para siswa dan siswinya pasca tragedi gempa bumi menerpa Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (1/10/2022) lalu.