JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta ke Mabes Polri menjadi Sahlisosbud Kapolri. Informasi mutasi tersebut tertuang di dalam Surat Telegram Nomor: ST/2134/X/KEP/2022.
 
“Iya betul. Tour of duty dan tour area,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dikonfirmasi perihal Surat Telegram itu, pada Senin (10/10/2022).
 
Dijelaskan  Irjen Dedi, mutasi itu merupakan hal biasa.
 
“Mutasi ditujukan demi meningkatkan kinerja organisasi. Kemudian, mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” jelas Irjen Dedi Prasetyo.
 
Sebagai pengganti, jabata  Kapolda Jatim bakal ditempati oleh Irjen Teddy Minahasa Putra,  sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat.
 
Selanjutnya, Kapolda Sumbar bakal diisi oleh Irjen Rusdi Hartono. Kemudian, Brigjen Asep Edi Suheri dimutasi menjadi Wakabareskrim Polri.
 
Namun, Dedi enggan memberi keterangan mendetail perihal dimutasinya eks Kapolrestabes Medan itu dari jabatannya sebagai Kapolda Jatim.
 
Akan tetapi, tersiar kabar, diduga kuat Irjen Nico dimutasi pascatragedi Satadion Kanjuruhan Malang yang menelan ratusan jiwa korban.