MEDAN -Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi Medan bersama Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi Dan Produktivitas (Ditjen Binalavotas ) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia (RI) menggelar pelatihan di Aula Diklat RSUD Dr Pingadi Medan selama 5 hari sejak 1 Oktober hingga 7 Oktober 2022. Dewan Pengawas RSUD Dr Pirngadi Medan, Destanul Aulia, SKM, MBA, M.Ec, Ph.D. mengatakan ada 25 peserta yang dilatih yang terdiri dari
Staf Medis Fungsional (SMF) dan karyawan di unit-unit pelayanan.

"Kegiatan ini merupakan hasil MoU antara Pemko Medan dengan Kemenaker RI. Kemenaker mempunyai slot pelatihan untuk peningkatan produktivitas kepada karyawan ataupun organisasi. Ini setelah kita melakukan pertemuan dengan Ditjen Binalavotas Kemenaker RI," jelasnya kepada Waspada pada Senin (10/10).

Destanul Aulia juga menyatakan bahwa rumah sakit-rumah sakit yang ada di Kota Medan dalam rangka mendukung wisata medis perlu juga mendapatkan pelatihan ini untuk peningkatan produktivitas.

Untuk itu salah satu RSUD Dr Pirngadi Medan sebutnya mendapatkan satu slot khusus dengan 25 peserta terdiri dari masing-masing SMF dan Unit yang mana katanya tujuan pelatihan produktivitas ini yakni setiap peserta dapat mengukur tingkat produktvitas tenaga kerja yang dimiliki.

"Adapun materi pelatihan diantaranya melakukan koordinasi untuk peningkatan partisipasi produktivitasnya, merencanakan pelaksanaan peningkatan produktivitas, mengorganisasikan peningkatan produktivitas, membimbing penerapan alat, teknis, dan metode peningkatan produktivitas," jelasnya.

Katanya setiap peserta nantinya dapat mengukur tingkat produktvitas tenaga kerja yang dimiliki. Peserta yang ikut tersebut dengan Balai Besar ini diharapkan nanti bisa melakukan pengukuran produktivitas di unitnya masing masing.

"Kita berharap kedepannya setiap unit di rumah sakit ini bisa menerapkannya sehingga bisa memperbaiki kira-kira bagian mana yang perlu ditingkatkan produktivitasnya," ujarnya.