TAPUT - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si beserta Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara Rabu, 05/10/2022 mengikuti upacara peringatan hari jadi Ke-77 Kabupaten Tapanuli Utara sekaligus pelringatan hari jadi TNI Republik Indonesia bertempat di Stadion Mini Lapangan Serbaguna Tarutung. Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si dalam sambutannya menyampaikan beberapa target prioritas pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara. Target prioritas pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara adalah interkoneksi desa. 
 
"Kita harus bisa memerdekakan desa, desa kuat, kota maju dan Indonesia berdikari. Ini kita capai harus dengan meningkatkan kualitas pertanian yang merupakan DNA Kabupaten Tapanuli Utara," ujarnya. 
 
Untuk mencapai cita cita dan tujuan tersebut lanjutnya, sangat pentingnya persatuan dan kesatuan di masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara dalam membangun daerahnya. 
 
"Tanpa persatuan, tanpa doa kita bersama, apapun yang kita kerjakan akan gagal. Kalau ada yang kurang dalam pembangunan Daerah kita, mari kita diskusikan bersama-sama. Mari kita tinggalkan perbedaan dan egoisme, kita harus saling merangkul dan bergandeng tangan untuk membangun Kabupaten Tapanuli Utara," sambungnya. 
 
Sebelumnya, Sekretaris Daerah Indra S.H. Simaremare selaku Ketua Panitia HUT Kab Taput ke - 77 tahun 2022 menyampaikan, diperayaan hari jadi  Kabupaten Tapanuli Utara yang ke-77 dirangkaian dengan beberapa acara diantaranya launching aplikasi bukalapo, pemberian piagam penghargaan, pembagian akta notaris kepada pelaku koperasi, pemberian alat paralayang kepada atlet, pemberian alsistan kepada kelompok tani, pemberian hadiah LCT dan acara puncak hiburan rakyat. 
 
Forkopimda Taput yang diwakili Dandim 0210/TU Letkol Inf. Hari Sandra dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kabupaten Tapanuli Utara dan TNI berikut Bupati Tapanuli Utara. 
 
Bupati Batubara Ir.H.Zahir M.AP mewakili undangan kepala daerah Kabupaten tetangga di perayaan HUT Kab.Taput ke 77 tahun 2022 menyampaikan pihaknya turut berbelasungkawa atas bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Tapanuli Utara. 
 
"Kami turut prihatin dan ikut membantu meringankan beban para warga korban bencana gempa bumi. Dirgahayu Kabupaten Tapanuli Utara yang ke-77 semoga jaya dan maju," sebutnya. 
 
 
Dalam perayaan HUT Pemkab Taput di tahun 2022 ini turut serta dihadiri mantan Bupati Tapanuli Utara Periode 2004-2014 Torang Lumbantobing (Toluto) serta menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kabupaten Tapanuli Utara. 
 
Turut hadir mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Sanggam Hutagalung bersama perwakilan anak rantau dari Kabupaten Tapanuli Utara.
 
Upacara HUT tambah meriah dan semarak dimana Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Mantan Bupati Torang Lumbantobing dan Mantan Sekretaris Daerah Sanggam Hutagalung menyumbangkan lagu dalam rangka penggalangan dana untuk korban terdampak bencana gempa bumi dan berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp 40 juta.
 
Dikesempatan tersebut Drs. Nikson Nababan, M.Si juga menyerahkan bantuan alsistan kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara yang terdiri dari 46 unit Cultivator, 54 unit Handtraktor, 23 unit Pemipil Jagung, 8 unit Mesin Kompos dan 1 unit Traktor Mini serta 5.000 Liter pupuk cair untuk 100 Kelompok Tani.