TAPUT - Gempa bumi tektonik kembali mengguncang Kabupaten Taput dan guncangan terasa hingga Kabupaten Toba dan Kabupaten Kamis, 06/10/2022 sekira pukul 15:30:59 WIB.

 

Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro dalam keterangan resminya di Medan, (06/10/2022) menyampaikan, Guncang gempa bumi tektonik yang terjadi tadi sore pukul 15.30:59 sesuai hasil analisa BMKG (Badan Metorologi Kilimatologo Geofisika) menujukkan gempa bumi yang mengguncang Kab.Taput tersebut berkekuatan M=4,5. Episenter terletak pada koordinat 2.09 LU dan 98.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 km Barat Laut Tapanuli Utara di kedalaman 2 km.

Sesuai data dan informasi BMKG untuk Jenis dan Mekanisme Gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan dan pengakuan yang dirasakan masyarakat Tarutung adalah berupa guncangan.

Gempabumi di siang hari tadi dirasakan di saat banyak orang dalam rumah, di luar rumah juga dirasakan beberapa orang.

Disaat guncangan gempa bumi sampai ada gerabah pecah dan jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Guncangan Gempa juga dirasakan oleh warga di Sibolga, Silangit, Sipahutar, Siborong-borong, Pagaran.

Getaran gempa bumi dirasakan nyata dalam rumah seperti terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Demimian juga di Humbang Hasundutan, Dolok Sanggul dan Toba Getaran juga dirasakan oleh beberapa orang ditandai dengan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Menurut data BMKG Gempa ini masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara yang berkekuatan M 5,8 pada 1 Oktober 2022 pukul 02:28:41 WIB lalu.

Atas peristiwa gempa bumi susulan ini BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.