TAPUT -Ratusan personil dari TNI AD Kodim 0210 TU bersama personil Brimob Polda Sumut BKO dan Polres Taput, Pol PP Taput, Dishub Taput dan Tim Medis melakukan apel gelar pasukan dalam rangka persipan personil untuk pengamanan konser Band Slank di tanah Lapang Tangsi Tarutung Jln.Melanton Siregar.
 
Apel gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka pengamanan pagelaran acara konser Band Slank yang diperkirakan akan dihadiri ribuan penonton.

Informasi yang diterima www.gosumut.com, sebelumnya acara dirancang oleh Pemkab Taput sebagai pesta acara Hiburan Rakyat di perayaan HUT Kab.Taput ke 77 tahun 2022 (Rabu, 05 Oktober 2022).

Karena bencana gempa bumi yang menghantam Kabupaten Taput - Sumut acara diubah menjadi acara amal dan doa Taput Berduka.

Dalam apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Wakpolres Taput Kompol J Sitompul didampingi Kabag Ops Polres Taput memberikan pengarahan demi suksesnya pelaksanaan pengamanan konser Band Slank dengan topik acara Amal dan Doa Toba Berkabung.

Dalam arahannya Kapolres Taput yang dibacakan dan disampaikan oleh Wakapolres menegaskan, setiap personil harus tetap aktif menjaga setiap pintu masuk di Tiga lokasi.

Memeriksa setiap orang penonton yang akan masuk lokasi konser dan tidak dibenarkan ada yang membawa berbagai jenis senjata tajam (sajam) dan berbagai jenis minuman keras (Miras) berikut berbagai jenis Narkotika.

Lanjutnya, Untuk setiap personil Polri tidak dibenarkan membawa senjata api selama dalam menjalankan tugas pengamanan konser Band Slank.bagi setiap personil Polri untuk Senpi (senjata api) yang dipegang masing masing personil harus dititipkan di Propam Polres Taput.

"Apabila dibutuhkan penggunaan senjata api dalam tindakan pengamanan harus seijin dari Kapolres Taput".

Semua personil dari berbagai kesatuan dan unit utamakan keselamatan diri dan warga pengunjung, bertindaklan dengan humanis.hinari tindakan kekerasan dalam melakukan tindakan pengamanan.jangan sampai terjadi kejadian seperti peristiwa di Magelang.tandasnya.

Ditegaskan Wakapolres, setiap pengunjung yang hadir yang dibenarkan masuk ke lokasi Konser Band Slank adalah setiap orang yang memiliki tiket masuk.

Apabila ada terjadi sesuatu hal yang memancing kerusuhan segera diamankan dan dilakukan pendekatan persuasif.demikian juga bila nantinya ada terjadi guncangan jangan ada yang panik, utamakan mengamankan situasi supaya tetap tenang dan jangan sampai ada yang panik.

Hal tersebut untuk menghindari jangan sampai terjadi ada korban akibat berdesakan karena panik untuk berusaha menyelamatkan diri masing msing.pungkasnya.

Usai apel gelar pasukan Unit Jibom Gegana Polda Sumut yang tergabung dalam personil BKO Brimobd Poldasu langsung melaksanakan pemeriksaan dan penyisiran pembersihan lokasi.

Terpisah Kapolres Taput melalui Kasi Humas Aiptu W Baringning menjelaskan, berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara konser diketahui untuk jumlah penonton diperkirakan berjumlah 25000 orang, tetapi seteleha kita koordinasikan dengn berbagai kajian kajin pengamnan bersama panitia ditambah dengn tempat tidak memadi menampung 2500 orang maka disepakati ada pembatasan jumlah penonton menjadi sebanyak 15000 orang.

Untuk personil TNI/POLRI yang diturunkan mengamankan konser Band Slank dari personil Polri polres Taput dan Brimob BKO Polda Sumut berjumlah 344 personil dari TNI 208 personil.

Semua peraonil sudah diatur dibeberapa titik titik lokasi pos pengamanan yng bekerja sama dengn panitia Konser.untuk pelaksanaan pengamanan dilakukan sesuai standr SOP TNI/Polri.setiap penonton akan diperiksa dan tidak dibenarkan membawa berbagai jenis senjata tajam dan minuman keras.

Ditegaskannya Aiptu W Baringning, Untuk setiap personil sesuai arahan dan perintah Kapolres Taput, setiap personil yang menjalankan tugas pengamanan tidak dibenarkan dan tidak diijinkan membawa senjata api.semua senjata masing masing personil harus dititipkan untuk disimpan sementara di Mako Polres Taput pada bagian Propam.tegasnya menyampaikan perintah Kapolres Taput.

Ditambhknnya, dihimbau kepada masyarakat yang hadir nantiny menyaksikan konser Band Slank supaya menghindari tindakan dan perlakuan yang melanggar hukum demi kenyamanan dan keamanan bersama.

Terkait pelaksanaan Konser Band Slank hari ini syogianya dilaksanakan untuk pesta rakyat memeriahkan HUT Kab.Taput yang ke - 77 tahun 2022.oleh karena bencana gempa bumi yang menimpa Kab.Taput pada 1 oktober 2022 lalu yang merusak ribuan rumah milik warga dan berbagai faslitas lainnya serta puluhan korban luka acara diubah konsepnya menjadi acara Amal dan Doa Taput Berduka.

Semoga dengan pagelaran acara ini warga Taput dapat terhibur pasca diterpa bencana gempa bumi yang berkekuatan 6,0 SR di beberapa hari lalu.ucap Aiptu W.Baringbing.