PALAS - Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar upacara peringatan Hari Pramuka ke - 61 di  Lapangan Eks MTQ Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumun, Selasa (4/10/2022). Kegiatan Hari Pramuka di rangkai dengan lomba pawai defile serta penyerahan Satya lencana kepada 36 anggota kwarcab pramuka Palas.
 
Penyerahan Satya lencana terdiri dari tingkat, Karya Bakti 5 Orang, Pancawarsa IV 5 Orang, Pancawarsa III 1 Orang, Pancawarsa II 4 Orang, dan Pancawarsa I 1 Orang.
 
Amanat Ketua Kwarnas Budi Waseso dibacakan oleh Plt Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHT.MM.MSi selaku Plt Kamabiran menyampaikan,  perkembangan dan kemajuan gerakan pramuka terus berperan dalam pembangunan.
 
Diharapkan,mulai dari pemerintah pusat dan daerah dapat memberikan alokasi dana secara terus menerus untuk aktivitas gerakan pramuka.Karena banyak daerah dan cabang yang masih sangat minimal mendapatkan dana yang berasal dari APBN dan APBD.
 
Ia menjelaskan, sesuai tema  peringatan Hari Pramuka ke - 61 "Mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa", tema ini menunjukan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.
 
"Pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan pramuka, sejak usia pramuka siaga, adik adik telah di didik untuk memberikan perhatian terhadap sesama," katanya.
 
Setiap anggota Pramuka siap,lanjut Plt mengutip amanat Ketua Kwarnas,  membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan,dimulai dengan cara - cara sederhana dan dilakukan di lingkungan keluarga kita masing masing, maupun dilingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita.
 
Semua bentuk pengabdian yang kita lakukan sejalan dengan kode kehormatan kita, yaitu "Dwi Satya dan Dwi Darma" untuk golongan Siaga dan Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan pramuka lainya.
 
Sebelum mengakhiri amanat Ketua Kwarnas,Plt Bupati berharap semua kode kehormatan gerakan pramuka itu ditekankan pentingnya bertaqwa kepada tuhan yang maha esa.
 
Untuk itu, kata H.Ahmad Zarnawi mengajak untuk saling tolong menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda bedakan suku, agama, ras dan antar golongan.
 
Ia juga menekankan, anggota pramuka harus berperan aktif dan berpartisipasi dalam mendukung kemajuan pembangunan dalam mewujudkan Kabupaten Padanglawas yang beriman, cerdas, sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya).