MEDAN -Polda Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan tim trauma healing untuk korban gempa di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Minggu (2/10/2022).
 
Hal itu dilakukan untuk meringankan beban moral para korban bencana gempa bumi berkekuatan 6 skala richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Taput pada hari Sabtu (1/10/2022) lalu.

Kapolda Sumut Irjen Ridwan Zulkarnain (RZ) Panca Putra Simanjuntak melalui Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi menyampaikan, Polda Sumut terus memberikan bantuan baik tenaga maupun kebutuhan masyarakat yang lainnya.

“Sudah disalurkan bantuan sosial baik berupa makanan seperti beras, mie instan, gula, roti, Snack biskuit serta pakaian, sarung dan pampers. Kemudian, kita juga menyiapkan bantuan untuk memulihkan kondisi para korban pascabencana gempa dengan menurunkan tim trauma healing,” ujar Hadi.

Lanjut dijelaskan Hadi, tim trauma helaing yang disiapkan itu dari Biro SDM Polda Sumut.

“Kita berikan trauma healing kepada masyarakat yang terdampak gempa. Baik anak-anak maupun orang dewasa,” jelas Hadi.

Oleh sebab itu, kata Hadi Polda Sumut berharap tim trauma healing yang disiapkan dapat membantu para korban yang mengalami trauma pascagempa bumi yang melanda.

“Semoga kegiatan trauma healing ini mampu memberi motivasi atau penguatan secara psikologis untuk membangkitkan kembali semangat tinggi masyarakat,” pungkas eks Kapolres Biak Numfor ini.

Sebelumya, gempa bumi berkekuatan 6 SR yang melanda Kabupaten Taput pada hari Sabtu, (1/10/2022) menelan korban jiwa luka-luka dan meninggal dunia.

Namun untuk angka pasti korban terdampak gempa tersebut belum diumumkan oleh pihak yang berwenang dengan alasan masih dilajukan pendataan secara menyeluruh.