PALAS - Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan jajaran sekretariat daerah Pemkab Padanglawas(Palas),TNI-Polri serta pelajar.

Kegiatan upacara Hari Kesaktian Pancasila,Sabtu(1/10/2022) berlangsung dihalaman Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan. Bertindak sebagai inspektur upacara Plt Bupati Padanglawas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.M.Si dan Komandan upacara,Peltu A.Rangkuti dari personil Kodim 0212/TS Koramil 08 Barumun.

"Upacara hari kesaktian pancasila ini begitu  istimewa dan khidmad sebagai momentum merenungkan kembali makna Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negera yang lahir berkat perjuangan seluruh elemen bangsa," kata Plt Bupati usai kegiatan upacara.

Menurut Plt Bupati, upacara hari ini berlangsung sederhama dam khidmad tetapi memiliki nilai istimewa ssbagai bentuk pernyataan sikap loyalitas kepada ideologi bangsa dan negara yaitu Pancasila.

Dan hal itu dinyatakan oleh peserta upacara secara bersama saat Plt Bupati membaca teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara.

"Melalui momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini,mari kita  semua memahami betul Pancasila.Karena lahir Pancasila tidak begitu saja, tetapi dengan perjuangan, kompromi dan negosiasi yang tidak mudah, dan penerimaan semua kelompok kalangan," terangnya.

Plt Bupati mengajak, semua pihak untuk melanjutkan tugas perjuangan dengan  merawat dan melestarikan Pancasila dengan baik ” tegasnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Palas itu menandaskan, Pancasila menjadi alat deteksi dini ketika muncul ancaman terhadap keutuhan bangsa. Agar NKRI senantiasa kokoh berdiri.

Ahmad Zarnawi juga  meminta, masyarakat benar-benar mengamalkan nilai Pancasila. Dia mencontohkan, sila kedua Pancasila merujuk pada solidaritas masyarakat, seperti ketika diuji bencana.

“Pengamalan sila kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab, maka solidaritas dan rasa kemanusiaan dibangun. Di samping itu, juga membangun kepedulian dan  kasih sayang dengan sesama dalam relasi sosial dengan masyarakat,” Imbuhnya.

Kepada generasi millenial, drg.Ahmad Zarnawi  berpesan, agar nilai-nilai Pancasila benar-benar diinternalisasi ke dalam pola pikir, sikap dan perilaku. 

“Saya kira sila-sila Pancasila itu kita terjemahkan dalam pola pikir, sikap, dan perilaku untuk membentuk budi pekerti dengan bertindak merawat Pancasila," pungkasnya.