LHOKSEUMAWE – Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono,S.IP,M.IP melakukan kunjungan ke SMP Negeri 5 Lhokseumawe dalam rangka memberikan materi wawasan kebangsaan bagi siswa/siswi, tujuannya untuk membangun karakter dan mengembangkan persatuan dan kesatuan secara utuh. “Wawasan kebangsaan  adalah bagaimana kita melihat Indonesia ini secara utuh dari Sabang sampai Merauke yang terdiri dari beragam suku bangsa dan berbeda karasteristik karena dipengaruhi oleh kondisi geografi yang berbeda, oleh karena itu rasa persatuan dan kesatuan harus kita junjung tinggi, hidup berdampingan dengan penuh kedamaian,” ungkapnya, Sabtu (24/9/2022)

Dikatakan, pendidikan itu sebagai sarana untuk mencapai cita-cita, untuk mencapai cita-cita tersebut jadilah murid yang baik dengan rajin serta taat dalam kegiatan belajar baik itu di sekolah maupun di rumah.

Dandim mencontohkan, sejumlah pemimpin bangsa Indonesia, mereka bukan berasal dari keluarga terpandang atau keluarga berada, namun dengan kegigihan belajar dan mampu memandang Indonesia dengan semangat rasa persatuan dan kesatuan yang kokoh, maka dengan izin Allah SWT, mereka berhasil oleh karena itu jangan pernah merasa minder untuk meraih cita-cita tersebut.

“Mulai dari sekarang anak-anak harus memotivasi diri sendiri untuk kedepannya mulai dari hal-hal yang kecil seperti mentaati semua peraturan yang berlaku di sekolah, pesan-pesan guru ditaati dan rajin untuk belajar serta jangan pernah menyontek karena nyontek itu bukanlah nilai kalian melainkan nilai orang lain, lebih baik nilai kalian nol tetapi itu berasal dari kemampuan kalian sendiri,” kata Letkol hendrsari Nurhono memotivasi para siswa dan siswi SMP Negeri 5 Lhokseumawe.

Kuasai lah diri kalian sendiri, urainya, karena setelah menguasai diri sendiri dan berdiri tegak di kaki sendiri baru kalian bisa mencintai orang tua, lingkungan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Selanjutnya Dandim juga memberikan contoh bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara seperti seorang Prajurit TNI. TNI tugas pokoknya melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari berbagai ancaman, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI dan menegakkan kedaulatan negara.

Sedangkan, tambah Letkol Hendrasari Nurhono untuk para guru-guru ini tugasnya mengabdi kepada bangsa Indonesia ini melalui jalur pendidikan, membentuk anak-anak muda menjadi berguna, dan tugas bagi anak-anak pelajar mengabdi kepada negara dengan belajar yang rajin untuk mencpai cita-cita, sehingga bisa berguna untuk orang tua, agama dn Bangsa Indonesia.

Menurut Dandim, masa SMP ini adalah masa dimana anak-anak mulai membina, mengolah bakat yang dimiliki untuk mencapai tujuan kedepannya. Karena di SMP ini sebagai awal untuk meniti karir kedepannya. Apabila kalian ingin meraih cita-cita kalian, maka kembangkanlah diri kalian sejak duduk di bangku SMP ini.

Berkaitan dengan cita-cita serta masa depan yang baik, Dandim menyampaikan bahwa bila ada yang bercita-cita ingin menjadi prajurit TNI ADada beberapa jalur yang bisa ditempuh baik jenjang tamtama, bintara maupun perwira.

“Kalau di Perwira itu bisa melalui Akmil atau melalui Sepa PK (Sekolah Perwira Prajurit Karier), untuk Sepa PK itu apabila anak-anak tamat sekolah melanjut kuliah dan meraih gelar sarjana bisa untuk mendaftar menjadi tentara melalui program sarjana,” katanya.

Oleh karena itu, urainya, belajarlah yang rajin dan giat, tanamkan disiplin yang kuat,  sikap,mental dan perbuatan harus sejalan,  jika sudah terbentuk  maka apa yang menjadi cita-cita kalian akan tercapai.

Disela-sela memberikan materi wawasan kebangsaan, Dandim juga memberikan kesempatan kepada beberapa siswa maupun siswi  untuk menjawab pertanyaan Dandim, jika berhasil menjawab pertanyaan akan  diberikan hadiah sebagai motivasi kepada siswa yang lain untuk melatih mental dan berfikir berani menjawab.