ASAHAN - Sebuah konten video yang berisikan sejumlah remaja dari Kabupaten Asahan yang kelompok remaja tersebut menyebutnya 'radiator' viral di media sosial. Dalam video yang berdurasi 13 detik itu sangat meresahkan masyarakat. Sebab, para remaja yang berjumlah 10 orang itu masing-masing mengacungkan senjata tajam.
 
Seorang remaja perekam gambar itu kemudian mengambil gambar teman-temannya yang berada di sana. Mereka semua terlihat menggenggam senjata.
 
“Radiator siap!. Mana Radiator,” kata remaja dalam rekaman gambar tersebut.
 
Aksi para remaja ini mendapat kecaman dari masyarakat karena dinilai seakan ingin merusak situasi keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. 
 
“Biar apa kelen kayak gini. Nanti viral kena ciduk nangis kelen semua,” sebut salah seorang akun pengguna sosial media, Yudi.
 
Berkaitan dengan hal tersebut, warga pun mengaitkan aksi pamer sajam para remaja itu dengan kejadian tauran sekitar tiga hari yang lalu di wilayah Kisaran Timur. Akun sosial media di facebook bernama Ahmad Zey, yang mengaku melihat langsung aksi komplotan tersebut tengah tawuran di Kelurahan Gambir Baru, Kecamatan Kisaran Timur, pada Kamis (22/9/2022) malam.
 
Dalam postingannya, ia menuliskan bahwa komplotan tersebut sempat menyandera seorang wanita sehingga menjerit meminta tolong. Namun, masyarakat tak dapat berbuat banyak, pasalnya komplotan tersebut menggenggam senjata tajam.
 
"Ya Allah didepan mata, tawuran semakin merajalela di gambir baru simpang empat. Anak gadis ditahan jerit-jerit minta tolong. Jantungku spontan ga aman. Untung berhasil kabur. Maksud mereka apasih ya Allah," tulis Zey dalam postingannya.
 
Terkait hal ini, Polres Asahan melalui Kasi Humas Ipda Boris Pardosi membenarkan para remaja yang pamer sajam dari kelompok radiator tersebut berasal dari wilayah Kisaran. “Iya benar bang (anak Kisaran),” ujarnya.
 
Menyikapi Keresahan masyarakat terkait video singkat yang beredar di sosial media dengan menggunakan senjata tajam itu, Polres Asahan melalui Unit Jatanras Sat Reskrim bergerak cepat.
 
Hasilnya, Satreskrim Polres Asahan unit Jatanras berhasil mengamankan 7 pelaku laki laki dengan inisial DP(17), MH (17), MF(16), AW(17), AP(17), DAN(17) dan RS(16) semua tersangka merupakan pelajar, Kamis (22/9/2022) sekira pukul 17.30 WIB.
 
Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj melalui siaran Pers Humas Polres Asahan menyebutkan, bahwa pihaknya juga telah mengamankan barang bukti berupa senjata tajam.
 
"Selain mengamankan tujuh laki-laki yang berada dalam video tersebut, kita juga berhasil mengamankan enam bilah pisau dan golok di Kelurahan Binjai serbangan Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan, kemudian masing masing pelaku yang di dampingi orang tua di bawa ke Polres Asahan untuk dilakukan introgasi serta bimbingan," ujar Kapolres.