MEDAN – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Medan dan Kejaksaan Negeri Langkat memperpanjang perjanjian kerja sama tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara di Kabupaten Langkat pada Rabu (21/09). Perjanjian kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penyelesaian masalah hukum dalam bidang perdata dan tata usaha negara, baik di dalam maupun di luar pengadilan, khususnya dalam meningkatkan kepatuhan pemberi kerja terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
 
“Penandantanganan PKS hari ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah khususnya dalam penegakan hukum dalam lingkup penyelenggaraan Program JKN di Kabupaten Langkat sekaligus sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Atas perintah langsung dari Presiden, kita akan pantau kepatuhan badan usaha di wilayah Kabupaten Langkat,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Langkat, Mei Abeto Harahap.
 
Mei mengatakan bahwa perpanjangan kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kepesertaan Program JKN, khususnya segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Bukan hanya itu, kepatuhan badan usaha terhadap kewajiban partisipasinya dalam Program JKN pun diharapkan ikut membaik. 
 
Selaras dengan hal itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan Sari Quratul Ainy mengungkapkan apresiasi dan harapan terkait perjanjian kerja sama ini. 
 
Sari menyampaikan, kerja sama antara BPJS Kesehatan Cabang Medan dengan Kejaksaan Negeri Langkat yang sudah terjalin lama, dirasakan memiliki efek positif bagi BPJS Kesehatan. Menurutnya, pemeriksaan atau pemanggilan badan usaha bersama dengan Kejaksaan Negeri merupakan salah satu upaya yang efektif untuk meningkatkan kepatuhan pemberi kerja dalam menjalankan kewajibannya pada Program JKN.
 
“Kejaksaan Negeri Langkat telah banyak berkontribusi dalam mendukung upaya penyelesaian masalah hukum perdata dan tata usaha negara selama ini. Terlebih lagi jalinan kerja sama antara BPJS Kesehatan Cabang Medan dengan Kejari Kabupaten Langkat sudah berjalan di tahun-tahun sebelumnya. Kami harapkan kerja sama yang baik ini dapat terus terjalin dengan baik," ujar Sari.