LANGKAT- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Langkat  telah membuka pendaftaran rekrutmen/seleksi menjadi bakal calon pengawas pemilihan umum (panwaslu) tingkat kecamatan. Hari pertama penerimaan berkas telah di serbu pendaftar seleksi anggota Panitia Panwaslu tingkat Kecamatan, Kamis (21/9/2022).

Pendaftaran tersebut untuk mengisi formasi 3 pengawas Pemilu di 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat dan berlangsung dari tanggal 21 hingga 27 September 2022.

Rica Sari Koordinator Divisi Organisasi Sumber Daya Manusia (OSDM) kepada awak media menyebutkan pendaftaran terbuka untuk umum bagi warga Kabupaten Langkat yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk.

Rica Sari yang ketua kelompok kerja (Pokja) seleksi panwascam menambakan, Bawaslu Langkat membuka pendaftaran dari pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB dan hari pada libur pendaftaran tetap dibuka.

Disinggung tentang pendaftar yang berasal dari ASN, tenaga honorer dan petugas yang bekerja di program pemerintah seperti PKH, pendamping Desa dan lainnya, Bawaslu Langkat tetap mengakomodir pendaftarannya sepanjang memenuhi syarat pendaftaran.

"ASN dan tenaga honorer harus melengkapi ijin dari atasannya, sementara PKH, pendamping Desa dan lainnya, jika menjadi calon terpilih harus mengundurkan diri dulu dan dibuktikan dengan surat pengunduran diri langsung kepada instansi asalnya," ujar Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Langkat.

"Bawaslu juga memperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan dalam perekrutan Panwaslu. Kita himbau kepada masyarakat untuk ikut dalam seleksi untuk menjadi bagian penyelenggara Pemilu di Kabupaten Langkat," pungkas Rica Sari.