ASAHAN -Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) merupakan organisasi profesi yang berkompeten dan diakui serta legal di Dewan Pers. PWI juga merupakan organisasi wartawan tertua di Indonesia, yang mana didirikan sejak tahun 1946.
 

Selain menjadi organisasi yang cukup dikenal dikalangan masyarakat, rata-rata pengurus dan anggota PWI sudah lulus Uji Kompetisi Wartawan (UKW). Dari itu, Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Darul Ulum Kisaran Asahan mengajak PWI Kabupaten Asahan untuk bersinergi.

Adapun kerja sama tersebut dilakukan dengan cara menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara PWI Kabupaten Asahan dengan Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Darul Ulum Asahan di Kantor PWI Asahan Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Sei Rengas, Kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Selasa (20/9/2022).

Nota kesepaham itu ditandatangani langsung oleh Ketua PWI Asahan, Indra Sikumbang dan Dekan Fakultas Dakwah IAIDU Asahan, Abdul Kholik,

Sebelum penandatanganan, Abdul Kholik menerangkan, Fakultas Dakwah IAIDU mempunyai program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan beberapa mata kuliah seperti media massa, jurnalistik dan penyiaran radio. Untuk itu, Dia merasa perlu untuk meningkatkan mutu pendidikan di fakultas yang dipimpinnya.

"Salah satu strategi yang dilakukan dengan memperbanyak kerja sama dengan para pihak yang relevan, salah satunya PWI Asahan. Kami menganggap PWI Asahan adalah lembaga kewartawanan yang berkompeten dan sangat tepat untuk diajak bekerjasama," kata Abdul.

Tindak lanjut dari nota kesepahaman ini ucapnya, akan dilakukan eksekusi dengan Memorandum of Action (MoA). Menurutnya, MoU tanpa MoA, maka kerjasama akan sia-sia, tidak menghasilkan apapun.

"MoU ini pula sebagai salah satu kelengkapan untuk pengisian borang akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi," jelas Abdul Kholik.

Selanjutnya, Ketua PWI Asahan, Indra Sikumbang menyambut baik MoU dengan Fakultas Dakwah IAIDU Asahan Kisaran. Banyak hal katanya yang nantinya bisa dikerjasamakan, salah satunya menggandeng anggota PWI untuk menjadi dosen praktisi yang akan berbagi ilmu dan pengalaman kepada mahasiswa IAIDU.

Indra juga berharap MoU dapat membantu IAIDU Asahan Kisaran dalam rangka pelaksanaan Tri dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Tri Dharma tersebut menjadi tanggung jawab semua elemen di Perguruan Tinggi, diantaranya mahasiswa, dosen, serta civitas akademika.

"MoU ini merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang nantinya dieksekusi dengan MoA, semoga bermanfaat bagi IAIDU dan juga PWI," ucap Indra yang didampingi Sekretaris, Sapriadi, Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Rasudin Sihotang, Waket Bidang Media Siber, Ismanto Ismail, Waket Bidang Hukum, Hamdan, Wakil Sekretaris, Heru Sihotang, dan anggota biasa, Bayu Sahputra.

Di akhir kegiatan, Indra Sikumbang menyerahkan cinderamata berupa plakat kepada Abdul Kholik selanjutnya foto bersama.