MADINA - 8 Warga Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina),  harus terpaksa dilarikan ke RSUD Panyabungan, Jumat (16/9/2022) malam kemarin. Warga yang dilarikana ke RSU tersebut, bertetapan menghirup racun yang diduga berasal dari Welpad T PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP), perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB) yang beroperasi di wilayah itu.
 
Dari keterangan yang diperoleh bertepatan saat sejumlah warga mengalami sesak dan lemas. Di Welpad T ada aktifitas pemindahan rig (alat bor) Tango ke Welpad T yang berada di Huta Lombang.
 
"Jadi waktu itu abis magrib. Ada pemindahan rig menuju Welpad P yang ada di Huta Lombang," kata Toyo salah seorang warga yang mengaku berada di sekitar Welpad T pada saat peristiwa itu.
 
Sementara Kepala Desa Sibanggor Julu, Awaluddin Nasution mengatakan, ada sebagian warga yang mengalami muntah-muntah pada saat menghirup aroma busuk yang menyebar di permukiman warga.
 
"Warga sebagaian pada muntah-muntah sebagian saat ini ada dirawat di RSU Panyabungan dan Permata Madina, katanya dari sambungan selular ketika dihubungi, Senin (19/9/2022).
 
Kades menjelaskan, hingga saat ini pasca warga mengalami muntah-muntah dan mual belum pulang kerumahnya masing- masing dan masih dirawat di rumah sakit.
 
"Untuk yang saya tahu sementara ada 8 warga dan sekangan bulam pulang karena masih dirawat," ujar Awal.
 
Berikut data korban yang dihimpun sementara dirawat di RSUD Panyabungan.
 
1. Alpin Husein (9)
2. Yusri Isa Mahendra (20)
3. Parwis (40)
4. Nur Habibah (62)
 
 
Dirawat di RS Permata Madina
1. Humaidi Nasution (25)
2. Nazaruddin Tanjung (65)
3. Hasmar Huseini (35)
4. Sangkot Masripa Nst (48)