LHOKSEUMAWE – Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono menyambut antusias terhadap keberhasilan tim Pondok Pesantren (Ponpes) Al – Azhar FC binaan Kodim 0103 Aceh Utara mewakili Provinsi Aceh melaju ke tingkat nasional dalam event Liga Santri mengalahkan Ponpes Nurul Ulum wilayah Korem 012 TU dengan  skor 1 – 0 di Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh. Pertemuan kedua tim masing-masing mewakili dari Korem 011 Lilawangsa adalah Ponpes Al – Azhar FC yang bermarkas di Cot Seurani, Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu Aceh Utara, sedangkan dari Korem 012 Teuku Umar diwakili Ponpes Nurul Ulum
 
Pertandingan Liga Santri Piala Kasad 2022 itu digelar di stadion Blang Padang Kota Banda Aceh, Selasa (13/9/2022). Dengan kemenangan tersebut tim sepakbola Ponpes Al – Azhar FC  berhasil mewakili Aceh mengikuti laga Liga Santri Piala Kasad tingkat Nasional di Jakarta.
 
Untuk diketahui, perjuangan tim Liga Santri dari Ponpes Al-Azhar FC Aceh Utara binaan Kodim 0103 Aceh Utara telah berhasil melewati tahap demi tahap mengalahkan lawan-lawannya  mulai kompetisi tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Korem hingga tingkat Kodam.
 
Perjuangan  Akmal Juanda cs berhasil membawa Tim Al-Azhar FC Aceh Utara ke tingkat nasional dan akan berlaga di kompetisi Liga Santri PSSI Piala Kasad 2022 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.
 
“Alhamdulillah, tim Al – Azhar FC berhasil melaju ke tingkat nasional mengikuti event Liga Santri Piala Kasad tahun 2022, tentunya kita akan support terhadap talenta-talenta muda yang saat ini sedang menimba ilmu di pondok pesantren, dan mudah-mudahan bisa menjadi duta santri dari Aceh yang memiliki prestasi yang membanggakan, saya sangat bangga dengan keberhasilan Al – Azhar FC mampu mengalahkan lawan-lawannya dan saat ini bisa mewakili Aceh melaju ke tingkat nasional,” jelasnya Jumat (16/9/2022)  sambil menambahkan keberhasilan itu tak terlepas dari bimbingan dan dukungan dari Danrem 011 Lilawangsa Kol Inf Bayu Permana.  
 
Cita-cita mereka belum selesai, urai Letkol Hendrasari Nurhono, dan akan ditentukan pada laga pertandingan di tingkat nasional yang akan berlangsung mulai September hingga final pada 22 Oktober 2022 mendatang dan diharapkan Al – Azhar FC mampu mengukir prestasi.
 
Sementara itu pimpinan Pondok Pesantren Al – Azhar, Tgk Azhar Hasbi mengatakan selama ini para santri selain belajar wajib yang diterapkan di pondok pesantren, para santri itu juga mengikuti pembinaan olah raga secara rutin, terutama sepakbola.
 
“Pembinaan olah raga sepakbola memang menjadi salah satu fokus Ponpes Al – Azhar, karena olahraga itu banyak digemari para santri. Tempat latihan juga tidak jauh yakni di Lapangan bolakaki Krueng Mane. Sekarang sudah dibuktikan dengan latihan rutin mereka berhasil mewakili Aceh mengikuti Liga Santri Piala Kasad di tingkat nasional,” katanya.
 
Bertepatan dengan Hari Santri Nasional. Kompetisi Liga Santri PSSI Piala Kasad tersebut akan digelar sekaligus merupakan bentuk perhatian TNI Angkatan Darat terhadap pembinaan sepak bola tanah air.
 
Selain menjaring bibit unggul pesepakbola nasional, juga diharapkan mampu menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa cinta kepada bangsa dan negara dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai religius keagamaan.