TOBA - Bertempat di rumah Dinas Bupati Toba Kamis, (15/09/2022) Kapolda Sumatra Utara (Kapoldasu) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak didampingi Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Idianto, SH, MH menyerahkan fotokopi surat dari keturunan Ompu Buntulan Manurung berisi penyerahan tanah seluas 100 Ha lebih kepada pihak Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

 

Penyerahan fotokopi surat oleh Kapolda Sumut bersama Kejatisu yang diterima langsung oleh Bupati Toba Poltak Sitorus bersama Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan untuk mendukung pelaksanaan dan peningkatan pembangunan pariwisata di kawasan Destinasi Pariwisata Danau Toba.

Serah terima foto Copi yang diterima Bupati Toba Poltak Sitorus bersama Direktur Utama (Dirut) BPODT Jimmy Bernando Panjaitan dirangkai dengan pagelaran acara sederhana di Ruang Panatapan Rumah Dinas Bupati Toba di Balige Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara.

Kapolda Sumut Irjend RZ Panca Putra Sanjuntak dalam penjelasannya menyampaikan, kenapa yang diserahkan masih fotokopi surat untuk saat ini?...,

Disebutkan Panca, Karena sebelumnya, pihak Ompu Buntulan Manurung melalui Managam Manurung telah melakukan pertemuan di kantornya (Mako Polda Sumut).setelah pertemuan tersebut ada kesepahaman dan mereka setuju, saya sarankan (dari Kapoldasu) harus Managamlah yang akan memberikan secara resmi suratnya kepada BPODT dan Pemkab Toba".sebut orang Nomor Satu di Polda Sumut ini.

Lanjutnya, "untuk penyerahannya, nanti agar dibuat acara pesta adat untuk penyerahan tanah sesuai tanannadat budaya Batak sebagaimana tanah tersebut milik Ulayat adat marga mereka ". JelasKapoldasu Panca yang dikenal memiliki kampung halaman di Balige.

Dalam kesempatan tersebut Irjend Panca juga meyebutkan, Pihak Ompu Buntulan dalam suratnya juga menyertakan beberapa permintaan dari pihak mereka (leluhurnya) diantaranya agar BPODT mempekerjakan warga keturunan Ompu Buntulan, mengukur ulang luas tanah serta membangun jalan di sekitar lokasi.

Sesuai putusan Pengadilan Negeri Balige menyatakan bahwa Keturunan Oppu Buntulan adalah pemilik sah atas tanah seluas 106,9 Ha yang lokasinya disebut tanah Lajangan di Desa Motung, Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba.

Dengan terbitnya hasil putusan PN Balige ini, pihak (keturunan/Pomparan) Ompu Buntulan secara bersama sama bersefakat dan beritikad baik membuat surat penyataan penyerahan tanah untuk digunakan pengembangan dan pembangunan Destinasi Pariwisata Danau Toba di Sibisa Ajibata yang pelaksanaan pbanginannya melalui BPODT (Badan Pelaksana Otorita Danau Toba).

Kajatisu IdiantoSH dalam sambutannya menyampaikan, mewakili Kejaksaan saya selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara sangat mengapresiasi dan mendukung langkah positif Kapoldasu yang telah berinisiatif melakukan pendekatan secara kekeluargaan hingga terealisasinya penyerahan tanah yang walaupun hari ini masih sebatas foto Copi surat penyerahan sebidang tanah dari keturunan (Pomparan) Oppu Buntulan Manurung untuk diberikan penggunaannya dalam pengemabnagan peningkatan pembangunan pariwisata di Toba khususnya di Kepariwisataan Destinasi Pariwisata Danau Toba.

Kepada jajarannya, Kajatisu Idianto menyampaikan agar pihak Kejaksaan Negeri Balige di bawah pimpinan Samsul Kasim, SH, MH supaya turut serta melakukan pendampingan dan mengawal proses penyerahan surat asli ini nantinya.

Bupati Toba Poltak Sitorus tidak luput dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda Sumut Irjend Pil RZ Panca Putra Simanjuntak serta berbagai pihak lainnya yang telah berperan dalam upaya mensukseskan acara pelaksanaan serah terima foto Copi surat serah terima sebidang tanah dari keturunan Oppu Buntulan Manurung yang diserahkan oleh Kapolda Sumut didampingi Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara kepada saya selaku Bupati Toba bersama sama menerimanya dengan Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan pada hari ini Kamis, (15/09/2022).

Selanjutnya dengan pendampingan Forkopimda, Pemerintah Kabupaten Toba tetap mengharapkanb di proses selanjutnya disaat dilaksanakan dengan secepatnya tetap bekerja sama hingga tuntas.sebut Poltak.

Turut hadir dalam acara serah terima foto Copi surat untuk memberikan keterangan soal lahan tanah yang diserahkan Simon Sitorus sebagai fasilitator pertemuan dan Managam Manurung sebagai perwakilan dari Pomparan (Keturunan) Op Buntulan Manurung bersama sama dengan Kapoldasu untuk membantu penyerahan lahan milik Keturunan Ompu Buntulan Manurung kepada Pemkab Toba dan BPODT.

Turut hadir dalam acara Wakil Bupati Toba Tonny M.Simanjuntak, Sekdakab Toba Augus Sitorus, Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra, para Pimpinan OPD Kabupaten Toba, Camat Ajibata Robert Manurung, Kabag Protokol dan Komunikasi Try Sutrisno P.Samosir, dan Kabid PIKP Rikardo Simamora.

Seusai acara, Kapoldasu, Kajatisu , Bupati Toba,Wabup Toba dan rombongan melakukan peninjauan lokasi Boat Race F1 H2O di sekitar tepi Danau Toba di dekat Lapangan Sisingamangaraja XII Balige. Humas Polres Toba.