LHOKSEUMAWE – Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono meninjau latihan menembak prajurit TNI dengan menggunakan senjata ringan triwuln II 2022, di Lapangan Tembak TNI AU Satradar 231 Buket Rata Lhokseumawe, Kamis (15/9/2022). Saat meninjau personil TNI Kodim 0103 Aceh Utara latihan menembak, Komandan Kodim 0103 Aceh Utara mengingatkan kepada seluruh prajurit agar tetap menjaga kemampuan dasar dalam situasi apapun.
 
"Kemampuan dasar seorang prajurit tidak dapat ditinggalkan begitu saja, atpi harus diasah dan dipertajam,” ungkapnya, sambil menambahkan kegiatan latihan menembak di laksanakan untuk memelihara, mengasah dan meningkatkan kemampuan dasar militer prajurit Kodim 0103 Aceh Utara.
 
Latihan menembak bagi prajurit yang di selenggarakan tersebut, urai Dandim merupakan program kerja rutin setiap tiga bulan.
 
"Setiap triwulan, prajurit Kodim 0103 Aceh Utara melaksanakan latihan menembak guna mengasah kemampuan setiap prajurit," katanya.
 
Dalam latihan menembak itu senjata yang di gunakan adalah  SS-1 dan M-16 dengan jarak sasaran tembak sejauh 100 meter.
 
Walaupun pandemi Covid-19 melanda, kata dia, kemampuan dasar prajurit tidak boleh luntur, sehingga diperlukan latihan secara terprogram.
 
"Latihan secara terprogram dan rutin harus dilaksanakan, meski Kodim merupakan satuan teritorial yang lebih mengutamakan soft power dalam bertugas,” kata dia.
 
Dalam situasi apapun, urainya, kemampuan dasar seorang prajurit tidak dapat ditinggalkan begitu saja, tapi harus terus di asah dan dipertajam untuk menghadapi tantangan tugas ke depan. Setiap pelaksanaan latihan kita mempunyai target guna mengetahui perkembangan peningkatan kemampuan prajurit.
 
Namun demikian, faktor keamanan tetap diutamakan sehingga seluruh pendukung dan peserta harus betul-betul menerapkan prosedur keamanan dalam menembak. Semua prajurit sama-sama bertanggung jawab atas tertibnya pelaksanaan latihan menembak sehingga kegiatan dapat berjalan aman dan lancar.